Koran Warta Kota

Kapal Pelni Jadi Pilihan Pemudik ke Daerah Timur Indonesia

Hasrat besar untuk mudik bertemu orangtua membuat Mansyur (26) selalu berusaha pulang setiap Lebaran tiba.

Kapal Pelni Jadi Pilihan Pemudik ke Daerah Timur Indonesia
Warta Kota

WARTA KOTA, PALMERAH -- Hasrat besar untuk mudik bertemu orangtua membuat Mansyur (26) selalu berusaha pulang setiap Lebaran tiba.

Perjalanan naik kapal laut selama 4 hari dari Jakarta ke kampung halaman di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, dilakoninya dengan senang hati.

Bahkan jika beruntung, kata dia, bisa mendapat teman dan saudara baru di atas kapal lantaran bisa berinteraksi begitu dekat dengan penumpang lain selama empat hari di atas laut.

Maka, dengan semangat tinggi, Mansyur terlihat bergegas menuju ke dek ekonomi lantai 2 Kapal Motor (KM) Umsini yang sandar di Terminal Nusantara Pura 1, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (18/6).

Ia segera mencari tempat yang masih kosong, berbaur dengan penumpang lainnya. Masih sekitar satu jam lagi kapal akan berangkat, mengantarkannya ke kampung halaman.

"Alhamdulillah tahun ini bisa mudik lagi. Sudah rutin setiap Lebaran pulang, KM Umsini ini yang selalu mengantarkan saya ketemu bapak dan ibu di Larantuka," kata Mansyur saat ditemui Warta Kota.

Pada saat musim mudik Lebaran, menurut Manysur, kapal selalu penuh, dirinya harus berbagi tempat di dek ekonomi dengan ratusan penumpang lain, plus dengan barang-barangnya yang rata-rata berukuran jumbo. Tidak masalah baginya.

"Yang jadi alasan saya lebih pilih naik kapal karena tarifnya. Jika pesawat bisa sekitar Rp 2 juta, belum termasuk ongkos perjalanan lanjutan pakai bus dan kapal laut dari Kupang. Lebih ekonomis naik kapal Pelni langsung dari Jakarta, hanya Rp 470.000 sudah sampai," katanya.

Di dek berukuran sekitar 70x7 meter itu, berjajar ratusan seat berupa ranjang dengan alas kasur di atasnya, satu seat dengan tiga kasur, normalnya untuk tiga orang, namun ada yang menempatinya hingga empat sampai lima orang.

Barang-barang milik penumpang ditempatkan khusus di bagasi yang telah disediakan, mirip seperti di kereta api atau bus, letaknya berada di atas tempat duduk penumpang.

Halaman
123
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved