WartaKota/
Home »

Depok

Lebaran 2017

Ini Faktor Penyebab Turunnya Jumlah Pemudik yang Gunakan Bus dari Depok

Dinas Perhubungan Kota Depok memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan bus dari Depok pada Lebaran 2017 kembali turun. Inilah dua faktor penyebabnya

Ini Faktor Penyebab Turunnya Jumlah Pemudik yang Gunakan Bus dari Depok
Kompas.com
Ruas Pejagan-Brebes Timur dipadati kendaraan pemudik hingga 23 kilometer pada Sabtu malam (2/7/2016) 

WARTA KOTA, DEPOK --  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, memprediksi jumlah pemudik yang akan menggunakan bus dari Depok pada musim mudik Lebaran 2017 akan kembali turun sebagaimana terjadi dalam lima tahun terkahir.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana, untuk tahun ini tingkat penurunannya mencapai 10 persen bahkan bisa lebih.

"Kemungkinan tahun ini juga turun sampai 10 persen bahkan lebih. Apalagi banyak ortu harus mempersiapkan anaknya masuk sekolah baru. Mereka kemungkinan akan menunda mudik tahun ini," kata Gandara ketika ditanya ihwal langkah Dishub Kota Depok dalam menyiapkan bus angkutan Lebaran 2017.

Dia menjelaskan, pada 2014 jumlah pemudik dengan bus dari Depok mencapai hampir 27 ribu orang. Lalu pada 2015 turun menjadi 24 ribu orang dan pada 2016 turun lagi jadi 22 orang.

"Tahun ini kami prediksi juga turun," kata Gandara.

Ia kemudian menyampaikan dua faktor utama yang menyebabkan turunnya jumlah pemudik yang menggunakan bus dari Depo. Pertama, banyaknya perusahaan yang menyelenggarakan program mudik gratis termasuk Kementerian Pwerhubungan.

"Terutama,  program mudik gratis yang banyak dilakukan instansi oleh pihak swasta atau pemerintah sangat terasa membuat pemudik dengan bus menurun dari Depok," katanya.

Kedua, masih kata Gandara, pengalaman menghadapi kemacetan berkepanjangan saat perjalanan mudik dengan bus berlangsung. Hal itu membuat sebagian pemudik menggunakan moda transportasi lain mulai dari kereta api hingga pesawat terbang.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help