WartaKota/

Lebaran 2017

Harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil, HIPMI Mengapresiasi Kinerja Pemerintah

HIPMI mengapresiasi kinerja pemerintah karena mampu membuat harga kebutuhan pokok relatif stabil menjelang Lebaran tahun ini.

WARTA KOTA , DEPOK -- Para pengusaha muda Indonesia yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengapresiasi kinerja pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang dinilai mampu membuat harga kebutuhan pokok relatif stabil menjelang Lebaran kali ini.

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa berbeda dengan tahun sebelumnya, pada menjelang Lebaran 2017 ini tidak terjadi gejolak harga bahan pokok.

"Dari penelusuran Hipmi, harga-harga relatif stabil sejak awal bulan puasa sampai jelang Lebaran ini. Sama sekali tidak ada gejolak harga yang berarti. Harga bahan pokok juga tidak fluktuatif," kata Bahlil melalui pernyataan tertulisnya, Selasa (20/6/2017).

Oleh karena itu, Bahlil mengapresiasi kinerja Menteri Perdagangan dan lembaga pemerintah lainnya yang telah bekerja keras memantau pasokan distribusi, dan pengawasan harga sampai ke konsumen sehingga harga-harga relatif stabil tahun ini.

"Ini harus diakui berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana gejolak harga kerap mewarnai saat Ramadhan dan Lebaran, sebab momentum tersebut dimanfaatkan para spekulan untuk memainkan harga kebutuhan pokok," kata Bahlil.

Jika ditelisik secara cermat, kata Bahlil, para spekulan tidak berani muncul menjelang Lebaran tahun ini. "Sesuai harapan dan permintaan HIPMI sejak awal, Mendag sangat tegas menindak para spekulan bahkan hingga mencabut izin para spekulan," katanya.

Bahlil juga menjelaskan, kunci stabilitas harga-harga ini terletak pada kesigapan Pemerintah Pusat, Kepolisian, dan Pemerintah Daerah dalam mendisiplinkan importir, distributor, agen-agen sampai ke pedagang pasar.

"Simpul-simpul di distribution channels ini lancar, sebab dikawal semua. Tidak ada bottleneck sehingga suply ke pasar lancar. Bahkan harga dibeberapa tempat malah turun," kata Bahlil.

Karena itu HIPMI berharap agar tren stabilitas harga tetap dipelihara saat Lebaran dan terutama sampai setelah Lebaran nanti.

"Stabilitas harga yang menjadi tren ini sangat meringankan beban masyarakat kecil yang kemampuan belanjanya kecil juga," kata Bahlil.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help