WartaKota/
Home »

Depok

Lebaran 2017

Di Depok 30 Persen Bus Angkutan Lebaran Dinilai Tidak Layak Jalan

Dishub Kota Depok menyiapkan 72 bus angkutan Lebaran 2017 untuk musim mudik Lebaran 2017. Namun 30 persen di antaranya dinilai tak layak jalan.

Di Depok 30 Persen Bus Angkutan Lebaran Dinilai Tidak Layak Jalan
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pemeriksaan bus angkutan Lebaran di Terminal Depok. 

WARTA KOTA --  Dinas Perbungan (Dishub) Kota Depok menyiapkan 72 bus angkutan Lebaran 2017 milik sejumlah PO Bus untuk musim mudik kali ini. Ke-72 bus itu adalah bus AKAP (Antar-kota Antar-provinsi) dan bus AKDP (Antar-kota dalam Provinsi) yang beroperasi dari Depok.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana, mengatakan bahwa saat ditetapkan menjadi bus angkutan Lebaran, pihaknya melakukan uji kelayakan kendaraan terhadap 72 bus itu secara bertahap, termasuk administrasi atau kelengkapan surat-surat kendaraan.

Namun saat dilakukan uji kelayakan, dari 72 bus AKAP dan AKDP terdapat 21 bus atau sekitar 30 persennya dinyatakan tidak layak jalan.

Penyebabnya adalah ketidaksiapan armada dan adanya kerusakan di beberapa bagian kendaraan, mulai dari ban yang kondisinya tipis dan merupakan hasil vulkanisir, ketiadaan APAR dalam bus serta kondisi rem yang tidak layak.

"Memang ada 30 persen bus Lebaran yang tidak laik jalan saat dilakukan uji kelayakan kendaraan. Tapi sudah direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan dan sudah diuji lagi .kelayakannya serta lolos," kata Gandara, Selasa (20/6/2017).

Namun, katanya, pihaknya sudah menyiapkan lagi 72 bus angkutan Lebaran dari 25 PO Bus yang siap membawa pemudik dari Terminal Depok dan sejumlah titik keberangkatan lainnya ke berbagai kota tujuan mudik.

Menurut Gandara, ke-72 bus itu akan dipantau terus-menerus kelaiaknnya baik saat berangkat mengantarkan pemudik ke kampung halaman maupun saat kembali ke Depok untuk mengangkut penumpang atau pemudik lainnya.

"Kami optimistis jumlah tersebut cukup karena ada tren turunnya jumlah pemudik yang menggunakan bus dari Depok," katanya.

Disampaikan pula, selain kesiapan bus, setiap awak atau pengemudi bus yang membawa armada angkutan Lebaran juga akan dipastikan kesehatannya.

"Mereka harus dipastikan bebas narkoba dan miras melalui pelaksanaan tes urine sebelum membawa pemudik," ujarnya.

Gandara memprediksi jumlah pemudik yang akan menggunakan bus dari Depok pada musim mudik Lebaran ini akan kembali turun sebagaimana terjadi dalam lima tahun terkahir. Tingkat penurunannya mencapai 10 persen.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help