WartaKota/
Home »

Depok

Mudik 2017

Depok Siapkan 72 Armada Bus Angkutan Lebaran

Ke-72 armada bus itu akan dipantau terus menerus kelayakannya sampai nanti membawa pemudik ke kampung halaman lalu kembali lagi ke Depok untuk mengang

Depok Siapkan 72 Armada Bus Angkutan Lebaran
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Terminal Depok. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Gandara Budiana menuturkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 72 armada bus angkutan Lebaran dari sekitar 25 PO Bus, yang akan berangkat dari Terminal Depok dan sejumlah titik keberangkatan lainnya di musim mudik Lebaran kali ini..

Ke-72 armada bus itu akan dipantau terus menerus kelayakannya sampai nanti membawa pemudik ke kampung halaman lalu kembali lagi ke Depok untuk mengangkut penumpang atau pemudik lainnya.

"Kami siapkan bersama PO Bus yang beroperasi di Depok, sebanyak 72 armada bus. Kami optimis ini cukup, karena ada tren turunnya jumlah pemudik dengam bus dari Depok," kata Gandara, Selasa (20/6/2017).

Ia mengatakan setiap awak bus atau sopir bus yang membawa armada angkutan Lebaran akan dipastikan kesehatannya serta bebas narkoba dan miras dengan dites urine, sebelum membawa pemudik.

"Di Posko kesehatan akan dilakukan tes urine termasuk pemeriksaan kesehatan ke awak bus, sebelum membawa penumpang," katanya.

Gandara memprediksi jumlah pemudik yang akan menggunakan bus dari Depok pada musim mudik Lebaran kali ini akan kembali turun, seperti yang terjadi dalam beberapa tahun ini.

Penurunan trend pemudik dengan bus, diperkirakan mencapai 10 persen.

"Tren pemudik dengan bus dari Depok, selalu turun dalam lima tahun ini. Penyebabnya ada beberapa faktor. Kemungkinan tahun ini juga turun sampai 10 persen atau bahkan lebih. Apalagi banyak ortu yang masih mempersiapkan anaknya ke sekolah baru. Mereka kemungkinan akan menunda mudik tahun ini," kata Gandara.

Ia menjelaskan pada 2014 jumlah pemudik dengan bus dari Depok mencapai hampir 27 ribu orang, lalu pada 2015 turun menjadi 24 ribu orang, dan pada 2016 turun menjadi 22 orang.

"Tahun ini kami prediksi juga turun," kata Gandara.

Ia mengatakan beberapa hal yang menyebabkan pemudik dengan bus dari Depo turun adalah banyaknya perusahaan yang mengadakan program mudik gratis termasuk Kemenhub.

Selain itu kata Gandara, pengalaman macet berkepanjangan saat mudik dengan bus membuat sebagian pemudik menggunakan moda transportasi lain mulai dari kereta api hingga pesawat terbang.

"Terutama program mudik gratis yang banyak dilakukan instansi swasta atau pemerintah, sangat terasa membuat pemudik dengan bus menurun dari Depok," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help