WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Amy Atmanto Bangkitkan Semangat Kaum Disabilitas

Amy atmanto berbagi ilmu kepada kaum disabilitas dengan ilmu yang dimilikinya

Amy Atmanto Bangkitkan Semangat Kaum Disabilitas
wartakota/nur ichsan
Amy Atmanto bersama Faiz dan Adam, anaknya, membantu kaum disabilitas agar mempunyai keterampilan yang bisa menghidupi diri dan keluarganya 

warta kota, PNCORAN ---  Siapa yang tidak mengenal perancang busana bernama Amy Atmanto, yang  merupakan salah satu desainer kenamaan Indonesia.  Amy dikenal dengan karyanya berupa kebaya dan kaftan berpayet yang bernuansa modern dan apik sehingga enak dan cocok dikenakan wanita masa kini.

Berbagai macam awards berhasil disabetnya, sebut saja dari Menteri Pariwisata, Pembina Industri Kreatif, Kartini Award (piala Ibu Negara 2011) dan penghargaan Lifestyle Award atas dedikasi menginspirasi Dunia Fashion Indonesia 2011 dari MNCTV.

Namun dengan penuh rendah hati Amy Atmanto menyatakan kalau apa yang telah didapatnya  itu merupakan penuh perjuangan  juga ketekunan terhadap profesi yang disaadangnya demi mendapatkan keberkahan dan rido Tuhan.

Namun satu di satu sisi, Amy menarasa kurang puas karena, ia ingin karyanya itu bisa ditularkan kepada orang laain, tak berapa lama Amy membentuk Rumah Kreatif, yang menampung para disabilitas, mereka diberikan keterampilan membuat berbagai karya busana, sebagai bekal hidup mereka, “Intinya berbuat baik dengan mereka yang membutuhkan.

Kita bisa sedekah dengan apa yang kita punya. Saya hanya punya ilmu itu (desainer), ya saya berbagi kepada mereka. Saya berbagi kepada kaum disabilitas,” kata Amy saat berbuka puasa dengan kaum disabilitas yang menjadi anak asuhnya di Pengadegan Utara no.14, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Amy memang peduli dengan kaum disabilitas ini, dia mengajak mereka untuk mengikuti langkahnya dan terbukti sudah ada beberapa dari mereka yang mulai eksis dan bisa menghasilkan untuk keluarganya.

“Mereka itu dari nol, kemudian kita latih dan sekarang Alhamdulillah sudah bisa menghasilkan dari kreativitas yang sudah diajarkan,” ujar pendiri Rumah Kreatif Amy Ibrahim Atmanto ini.

Jiwa sosial itu kemudian diturunkan kepada anak-anaknya, Adam dan Faiz. Meraka pun memperlihatkan kepeduliannya dengan mendirikan Rumah Internet Atmanto (Riat).

Ini karena anak-anaknya yang menguasai teknologi dan mereka pun memberi pelatihan kepada kaum disabilitas untuk paham akan perkembangan teknologi, “Anak saya itu mengerti teknologi, ilmunya di sana, makanya sesuai dengan ilmunya, ya mereka berbagi,” beber Amy.

Beberapa program yang telah dilakukan antara lain pelatihan pengenalan internet dan internet marketing bagi penyandang disabilitas,  diskusi terbatas internet marketing oleh komunitas Kartunet, pelatihan penulisan kreatif “Menulis ala Blogger Reportase“ oleh komunitas elemen Reporter Indonesia, pelatihan softskiils dan character buildina bagi kaum marginal dan penyandang disabilitas.

“Kita juga menerima pendaftaran untuk mereka yang mau bergabung. Kita ingin mencerdaskan. Selain itu, kita juga mengajak semua pihak untuk ikut bergabung dan bekerja sama mencerdaskan mereka,” kata Amy.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: m nur ichsan arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help