WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Masih saja Ditemukan Kendaraan Tak Layak Jalan di Terminal Pulogebang

Satlantas Polres Jakarta Timur masih menemukan sejumlah bus dalam kondisi tidak layak jalan.

Masih saja Ditemukan Kendaraan Tak Layak Jalan di Terminal Pulogebang
Joko Supriyanto
Ilustrasi. Masih ditemukan bus tidak laik jalan dalam razia yang dilakukan petugas di Terminal Pulogebang. 

WARTA KOTA, PULOGADUNG -- Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur menggelar inpeksi mendadak di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (19/6/2017).

Dalam sidak kelaikan kendaran jelang arus mudik, Satlantas Polres Jakarta Timur masih menemukan sejumlah bus dalam kondisi tidak layak jalan.

"Secara kasat mata saya sampaikan ke managemen terminal bahwa ada bus yang tak layak jalan. Oleh karenanya mereka harus menangani dengan tegas," kata Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sutimin, di Terminal Kampung Rambutan, Senin (19/6/2017).

Ia menjelaskan, salah satu yang menjadi perhatian petugas antra lain soal kondisi rem yang kurang baik. Ada juga bagian ban yang sengaja di vulkanisir. Hal itu, kata Sutimin, sangat berdampak pada kelayakan bus.

Ia pun sangat menyesalkan kepada pihak bus tidak memperhatikan kelayakan armadanya, padahal penumpang yang menaiki kendaraan tersebut adalah penumpang jarak jauh.

"Mereka ini dalam perjalanan jauh. Masa tidak memperhatikan kelayakan bus. Ini terus terang saja sangat menggagu kenyamanan penumpang. Harusnya sih tidak bisa berangkat," katanya.

Menurutnya, pengecekan ini merupakan langkah antisipasi jelang memasuki puncak mudik 2017 mendatang.

Seharusnya, Perusahaan Outobus (PO) sudah melakukan antisipasi internal jauh sebelum memasuki bulan Ramadan.

"Harusnya begitu. Jangan nunggu kami yang tegur. Ini kan sama saja mereka abai terhadap keselamatan. Yang jelas, harus segera diperbaiki jika ingin tetap jalan," katanya.

Sutimin menambahkan, operasi pengecekan (Ramcek) akan dilakukan setiap hari sampai arus balik mendatang.

"Ramcek kami akan lakukan setiap hari, karena kami akan memberikan rasa aman aja tentunya kepada calon penumpang," katanya.

Bus yang tak layak jalan diantaranya PO Sahabat juruaan Cirebon dan PO Lur Agung Juruaan Kuningan. Kedua bus langsung dicatat petugas Dishub setempat. (Joko Supriyanto)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help