WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pencurian

Aksi Pencurian Rumah Kosong Berhasil Digagalkan Oleh Warga di Pulogadung

Aksi pencurian yang menargetkan rumah kosong berhasil digagalkan oleh salah satu warga yang mengetahui aksi kejahatan tersebut.

Aksi Pencurian Rumah Kosong Berhasil Digagalkan Oleh Warga di Pulogadung
Joko Supriyanto
Pelaku pencuri rumah kosong yang bernama Kas (35), warga Solo, Jawa Tengah, di kantor Polsek Pulogadung, Senin (19/6). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Joko Supriyanto

WARTA KOTA, PULOGADUNG -- Aksi pencurian yang menargetkan rumah kosong berhasil digagalkan oleh salah satu warga yang mengetahui aksi kejahatan tersebut.

Pelaku yang bernama Kastono (35) warga Solo, Jawa Tengah nekat melakukan pencurian dengan target rumah kosong. Aksi pencurian dilakukan pada Senin (19/6), sekira pukul 14.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Andry Wibowo mengatakan, Kastono nekat melakukan aksi pencurian di rumah Erni Mulyani (57) yang beralamat di jalan Belanak I No.7 Kelurahan Jati Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Aksi pencurian dilakukannya saat Erni dan keluarganya tidak berada di rumah.

Pelaku pencuri rumah kosong yang bernama Kas (35), warga Solo, Jawa Tengah, ditangkap polisi, Senin (19/6).
Pelaku pencuri rumah kosong yang bernama Kas (35), warga Solo, Jawa Tengah, ditangkap polisi, Senin (19/6). (Joko Supriyanto)

"Pelaku masuk dengan cara merusak gembok pagar, masuk melalu jendela kamar dan merusak jendela teralis, selanjunya mengacak acak kamar dan mengambil barang korban," katanya saat dikonfirmasi, Senin (19/6/2017).

Menurut Andry, aksi pelaku dipergoki oleh pihak keamanan sekitar, seorang petugas keamanan RW 7 kelurahan Jati yang bernama Nasan, melihat pelaku sedang mengobrak-abrik rumah Erni.

"Petugas tersebut menghubungi pihak kepolisian. Kemudian petugas ke lokasi dan benar masih ada pelaku di dalam rumah tersebut," ujarnya.

Saat petugas kepolisian datang dan menyuruh pelaku keluar, pelaku tak juga menghiraukan teguran petugas. Akhirnya petugas terpaksa melepaskan tembakan peringatan ke udara.

Saat mendengar tembakan peringatan, kata Andry, pelaku baru menyerah dan keluar dari rumah yang hendak dicuri. Namun rekan pelaku yang mendampingi saat beraksi berhasil melarikan diri. Saat ini petugas tengah berusaha melakukan pengejaran.

Kastono sendiri akhirnya digelandang ke Polsek Pulogadung Jakarta Timur untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Kepada petugas, pelaku mengaku terdesak kebutuhan ekonomi untuk merayakan lebaran.

"Gak punya duit, udah mau lebaran. Gak punya kerjaan juga, jadi ya nekat mencuri," katanya.

Pelaku dibawa ke Polsek Pulogadung dengan sejumlah barang bukti berupa 1 unit spd motor Yamaha Mio B 4505 TMT hitam, 1 unit TV Tosiba 32 inch, 5 buah jam tangan perempuan brrbagai merk, Uang Rp. 400 ribu, 1 buah linggis, 1 buah kunci L dan 1 buah obeng minus. "Petugas masih melakukan pengembangan," tandasnya. (*).

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help