Dokumen Tak Lengkap, 307 TKI Dideportasi dari Malaysia

Karena tak memiliki dokumen lengkap, sebanyak 307 orang TKI dideportasi dari Malaysia.

WARTA KOTA, TANJUNGPRIOK --

Sebagian dari 307 orang TKI yang tiba di Dermaga Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2017) malam setelah dideportasi dari Malaysia karena tak memliki dokumen lengkap.
Sebagian dari 307 orang TKI yang tiba di Dermaga Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Sabtu (17/6/2017) malam setelah dideportasi dari Malaysia karena tak memliki dokumen lengkap. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

"Kami mengamankan 307 orang TKI. Ya dari Malaysia. Mereka dideportasi dari sana karena tak melengkapi dokumen,"
kata Kapolres Pelabuhan Tanjungpriok, AKBP Roberthus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana, Minggu (18/6/2017).

Dijelaskan lebih lanjut, para TKI ini tiba di Dermaga Penumpang Nusantarapura II Pelabuhan Tanjungpriok pada Sabtu malam dengan menumpang KM UMSINI.

Selanjutnya karena mengetahui bahwa KM UMSINI mengangkut 1912 penumpang, tim Polres Pelabuhan Tanjungpriok pun langsung menyambut dan mengamankan mereka di ruang tunggu.

Kapolres yang akrab dengan sapaan Roberth (baca: Robet) itu menerangkan, para TKI tersebut deportasi dan dikembalikan ke Indonesia atas kerjasama antara Polres Pelabuhan Tanjungpriok dengan Tim Satgas Kementerian Sosial RI, Satgas Debarkasi Pelabuhan Tanjungpriok, Perum Damri.

"Kerja sama itu hanya untuk menyambut kedatangan para TKI yang dideportasi. Di lokasi kedatangan, para TKI langsung dibawa ke ruang tunggu untuk didata oleh tim dari Kemensos dan Satgas Pemulangan TKI yang sudah disiaakan," tuturnya.

Dikatakan lebih jauh, setelah dilakukan pendataan, diketahui sebanyak 170 orang TKI langsung dipulangkan ke daerah mereka, yang tersebar di Jawa Timur; kemudian Nusa Tenggara Barat, 39 TKI, dan Jawa Tengah, 23 TKI.

Kemudian 11 TKI dipulangkan ke Nusa Tenggara Timur, Jambi 10 TKI, Banten 15 TKI, DKI 1 TKI, Bengkulu 3 TKI, Kalimantar Barat 72 TKI, Lampung 7 TKI, Sumatera Barat 2 TKI, Sulawesi Selatan 8 TKI, Sulawesi Tengah 2 TKI dan Sumatera Selatan 3 TKI," ujarnya memaparkan.

Roberth menambahkan, Pemerintah dalam hal ini Kemensos RI akan memberikan kepada para TKI peralatan mandi, uang saku sebesar Rp 250 ribu dan nasi kotak.

"Setelah itu kami memulangkan para TKI dengan menggunakan angkutan bus yang disiapkan untuk tujuan ke daerah asal mereka masing-masing," ujarnya. (BAS)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved