Saluran Penghubung di Jakarta Barat Dikeruk dan Dibersihkan

Puluhan Petugas Harian Lepas (PHL) Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat membersihkan endapan lumpur dan sampah yang berada di Saluran penghubung

Saluran Penghubung di Jakarta Barat Dikeruk dan Dibersihkan
Warta Kota/Bintang Pradewo
Puluhan Petugas Harian Lepas (PHL) Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat membersihkan endapan lumpur dan sampah yang berada di Saluran penghubung (Phb) Labrata di Blok D dan J Komplek Taman Meruya Ilir, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (15/6) pag 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com,  Bintang Pradewo

WARTA KOTA, KEMBANGAN -- Puluhan Petugas Harian Lepas (PHL) Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat membersihkan endapan lumpur dan sampah yang berada di Saluran penghubung (Phb) Labrata di Blok D dan J Komplek Taman Meruya Ilir, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (15/6) pagi. Saluran berukuran lebar empat meter itu terlihat hitam dan mengeluarkan bau menyengat.

Endapan lumpur-lumpur tersebut lalu dimasukan ke dalam karung-karung. Agar, sedimen endapan bisa turun dan bisa langsung diangkut. Dengan menggunakan alat seadanya dan tidak menggunakan alat berat, para petugas yang disebut Pasukan Biru itu dengan semangat membersihkan saluran.

Karena di kawasan tersebut kerap terjadi genangan. Alhasil banyak permintaan dari masyarakat agar saluran penghubung Labrata dibersihkan dan dikeruk.

Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Kembangan M Yusuf mengatakan, pengurasan ini dilakukan sejak Minggu (11/6). Setidaknya sudah ribuan karung berisi endapan lumpur sudah diangkut petugas.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti permintaan masyarakat, Walikota Jakarta Barat dan juga merupakan target score card Kecamatan Kembangan. "Sampai saat ini sudah 1.300 karung berisi sedimen lumpur yang telah diangkat," kata M Yusuf.

Untuk menguras saluran sepanjang 300 meter tersebut, pihaknya mengerahkan 20 petugas. Ditargetkan pengerukan tersebut rampung hari ini atau Kamis (15/6) "Sampai saat ini sudah 200 meter yang telah selesai, diperkirakan besok selesai," tuturnya.

Genangan 15 Centimeter

Pemandangan serupa terlihat di di Jalan Tanjung Duren Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Saluran yang dipenuhi endapan lumpur dikeruk petugas. Lantaran di kawasan tersebut kerap terjadi genangan air setinggi 10 sampai 15 centimeter.

Kasatpel Sumber Daya Air Jakarta Barat Kecamatan Grogol Petamburan Juniarto Ardiansyah mengatakan, pengurasan dilakukan, karena saluran sedalam satu meter tersebut sudah dipenuhi sedimen lumpur setinggi 50 sentimeter dan pengerjaan sendiri sudah dilakukan sejak 7 Juni 2017 lalu.

"Sampai saat ini sudah 3.500 karung berisi sedimen lumpur yang telah diangkut," kata Juniarto.

Pengerjaan pengurasan saluran sepanjang 161 meter tersebut pihaknya mengerahkan 15 petugas dan ditargetkan selesai pada 16 Juni 2017 mendatang. "Pekerjaan ini dilaksanakan untuk penanganan genangan di Jalan Delima Raya dan sekitarnya," tuturnya.(bin)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved