Kecelakaan Hebat Itu Terjadi karena Banyaknya Kendaraan Melawan Arus

Mereka menilai, insiden ini diakibatkan banyaknya pengendara motor yang melawan arus,sehingga kendaraan Tanah Tinggi mengarah Pal Putih tersendat.

Kecelakaan Hebat Itu Terjadi karena Banyaknya Kendaraan Melawan Arus
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kecelakaan dipicu banyaknya kendaraan sepeda motor yang melawan arus. 

WARTA KOTA, SENEN -- Sejumlah warga nampak geram akibat insiden kecelakaan kereta api Walahar Express dengan mobil Grandmax yang mengakibatkan dua orang tewas.

Mereka menilai, insiden ini diakibatkan banyaknya pengendara motor yang melawan arus, sehingga kendaraan dari jalan Tanah Tinggi mengarah Pal Putih tersendat.

"Ini itu penyebabnya dari kendaraan yang melawan arus sehingga arah yang dari Tanah Tinggi itu jadi macet," kata Puji (37), salah satu warga, saat ditemui, Selasa (12/6/2017).

Kecelakaan dipicu banyaknya kendaraan sepeda motor yang melawan arus.
Kecelakaan dipicu banyaknya kendaraan sepeda motor yang melawan arus. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Bahkan warga menolak jika yang disalahkan adalah petugas palang pintu kereta api. Pada saat kejadian justru petugas tengah mengatur arus lalu lintas, namun karena volume kendaraan yang cukup padat membuat kendaraan yang melintas terhenti.

"Petugas kereta api ini sudah ada ditengah rel udah kasih tanda, tapi karena macet itu mobil gak bisa melintas, coba kalo tidak macet gak akan kena," katanya.

Warga sekitar mengaku, sudah kerap kali mengingatkan pengendara jika jalur tersebut hanya untuk satu jalur, namun justru kendaraan bermotor banyak yang melawan arus.

"Kami disini sudah sering mengingatkan tapi malah kita yang kena omel katanya dibilang bawel," katanya.

Sementara itu, Nano (31) salah satu warga mengatakan jika saat itu ada dua kereta yang akan melintas, posisi mobil Grandmax yang terjepit tak dapat menghindari kereta yang saat itu tengah melintas.

"Posisi mobil itu udah keluar jalur rel, hanya saja buntutnya itu ketinggalan jadi tertabrak, warga juga sudah teriak, teriak saat kejadian tersebut," katanya.

Kecelakaan dipicu banyaknya kendaraan sepeda motor yang melawan arus.
Kecelakaan dipicu banyaknya kendaraan sepeda motor yang melawan arus. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Selain mobil Grandmax menurutnya ada satu mobil Inovasi yang nyari juga tertabrak namun berhasil lolos dari maut.

"Ada lagi mobil sampingnya hampir saja juga kena tapi akhirnya lolos," katanya.

Mini bus yang tak dapat meloloskan diri tersebut langsung terhantam Kereta api Walahar express hingga terserah sejauh 30 meter. Saat terseret warga juga sudah melihat ada percikan api, ketika ada ledakan api makin membesar hingga merembet ke gerbong kereta.

"Pas keseret itu udah ada api tapi, tapi pas ada ledakan baru besar, dan membakar gerbong," ucapnya.

Sementara itu penumpang kereta yang saat itu didalam langsung berhamburan keluar dan segala di evakuasi oleh warga sekitar, tak berselang lama api menghanguskan dua gerbong kereta tersebut, bahkan kereta sempat miring lantaran mobil yang terseret tersebut masuk kedalam kolong kereta. (Joko Supriyanto)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved