VIDEO: Kunjungi Kalijodo, Walikota Rotterdam Main Jungkat Jungkit

"Cukup, kita akan menghancurkannya," canda Aboutaleb kepada Walikota Jakarta Barat Anas Effendi

WARTA KOTA, JAKARTA- Kawasan Kalijodo kini memiliki daya tarik bukan hanya wisatawan domestik. Melainkan, tamu negara juga ingin melihat keindahan RPTRA (ruang publik terpadu ramah anak) dan RTH (ruang terbuka hijau) Kalijodo yang berada di perbatasan antara Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Dahulunya kawasan Kalijodo memang terkenal dengan tempat prostitusi. Namun, beberapa tahun belakangan, tempat itu diubah oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sehingga Kalijodo kini menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Ibukota Jakarta.

Hal ini yang menyebabkan Wali Kota Rotterdam, Belanda, Ahmed Aboutaleb ingin mengunjungi kawasan yang dilengkapi ruang ramah anak dan skate park tersebut. Tamu-tamu negara itu didampingi oleh beberapa pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Di RPTRA Kalijodo, Aboutaleb melihat beberapa aktivitas disana. Bahkan, dia sempat mengajak Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi untuk bermain jungkat-jungkit. Permainan anak-anak itu hanya beberapa kali dinaiki dua orang dewasa tersebut yang memiliki tubuh cukup besar."Cukup, kita akan menghancurkannya," canda Aboutaleb kepada Anas.

Anas sempat memberitahu kepada Aboutaleb bahwa perubahan Kalijodo merupakan bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR) dari Sinar Mas. Sehingga, kemegahan tersaji di lokasi tersebut. "Ini CSR dari Sinar Mas," ucap dia yang langsung diterjemahkan oleh seorang wanita penerjemah ke Wali Kota Rotterdam itu 

Kepada Aboutaleb, Anas menjelaskan bahwa RPTRA dan RTH Kalijodo dibangun di dua wilayah DKI Jakarta. "Untuk RPTRA di Jakarta Barat dan RTH di Jakarta Utara," kata Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Aboutaleb dan Anas sama-sama menanam Pohon Ketapang Kencana yang ada di RTH Kalijodo. Sebelum mencangkul tanah untuk menanam pohon tersebut, Aboutaleb mengatakan bahwa dia berasal dari keluarga petani.

"Orangtua saya adalah petani. Saya tahu cara menanam kentang," ujar Aboutaleb.

Dia pun langsung mencangkul gundukan tanah yang sudah disiapkan dan ditumpuk di atas pohon itu. Aboutaleb juga mengairi pohon tersebut. Anas pun memuji cara Aboutaleb mencangkul. "Bagus. Anda mengerti caranya," kata Anas.(bin)

Penulis: Bintang Pradewo
Editor: ahmad sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved