Begini Cara Santri di Ponpes Tahfidz Menghafal Al Quran Hingga 30 Juz

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika Bulan Ramadhan tiba. Satu diantaranya ialah membaca ayat suci Al Quran.

Begini Cara Santri di Ponpes Tahfidz Menghafal Al Quran Hingga 30 Juz
Para santri di Pondok Pesantren Tahfidz, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, saat menghafal Al Quran. (TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Mohamad Afkar Sarvika

WARTA KOTA, CIBINONG -- Banyak hal yang bisa dilakukan ketika Bulan Ramadhan tiba. Satu diantaranya ialah membaca ayat suci Al Quran.

Biasanya orang-orang akan banyak melakukan tadarus Al Quran di waktu luangnya.

Namun tak sedikit pula orang yang menghafal Al Quran ketika ada waktu luang.

Para santri di Pondok Pesantren Tahfidz, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, saat menghafal Al Quran. (TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika)
Para santri di Pondok Pesantren Tahfidz, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, saat menghafal Al Quran. (TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika) ()

Seperti halnya yang dilakukan para santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Tentu tidak mudah untuk menghafal ayat suci Al Quran, perlu adanya keseriusan dan niat yang kuat dari dalam diri kita sendiri.

"Kalau dari diri kita saja belum ada niat yang kuat itu akan susah, tapi kalau kita fokus, serius, dan ulet, Insya Allah, pasti akan dipermudah menghafalnya," ujar seorang pengajar di Ponpes Tahfidz, Ustad Ahmad Basuni kepada TribunnewsBogor.com.

Dia menjelaskan bahwa, hal tersebutlah yang selalu ditanamkan para santri di Ponpes Tahfidz agar bisa menghafal Al-quran dengan baik.

"Kita selalu minta kepada santri untuk benar-benar fokus, tidak boleh bermain ponsel, dan konsentrasi penuh terhadap ayat Al-quran yang akan dihafal," jelasnya.

Selain itu, kata dia, fokus saja tidak cukup untuk modal menghafal Al-quran, melainkan harus dibarengi dengan berdoa.

"Ya kita berdoa kepada Allah SWT, untuk dimudahkan dan dilancarkan dalam menghafal Al-quran, karena apapun yang terjadi itu semua karena izin Allah," terangnya.

Basuni melanjutkan, saat ini di Ponpes yang didirikan tahun 2013 sendiri telah ada 15 santri yang hafal 30 Juz.

"15 itu terdiri Putra tujuh, putri delapan, dari kurang lebih seratus santri yang ada di Ponpes Tahfidz ini, kalau usia mereka yang sudah hafal itu 30 Juz antara14 sampai 20 tahun," katanya.

Sementara itu, pengurus Ponpes Tahfidz, Hasan Alfattah menuturkan, beberapa santri yang telah menghafal 30 Juz, nantinya akan kembali diuji kembali guna mendapatkan gelar Hafiz.

"Iya nanti diuji lagi secara Sugra, dari juz satu sampai tiga puluh sekaligus, kalau sudah dan santri itu benar-benar hafal, maka akan diberi gelar Hafiz dan piagam," singkatnya.

Penulis: Soewidia Henaldi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved