Kerjasama Dinas KUMKMP DKI dengan Tokopedia.com Belum Maksimal

Namun, kata Irwandi, dari 500 UKM baru 15 UKM yang mulai memasarkan produknya di Tokopedia.com.

Kerjasama Dinas KUMKMP DKI dengan Tokopedia.com Belum Maksimal
tokopedia.com
Situs Tokopedia.com 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw

WARTA KOTA, GAMBIR -- Kerjasama UKM binaan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta dengan Tokopedia.com belum maksimal.

Sekitar 1 bulan lalu, Dinas KUMKMP Pemprov DKI mengikat kerjasama dengan Tokopedia.com untuk mulai menyediakan lapak online bagi usaha kecil binaan Dinas KUMKMP.

"Ada sebanyak 500 pengusaha UKM yang sudah ikut sosialisasi dari Tokopedia," kata Kepala Dinas KUMKMP, Irwandi ketika dihubungi Wartakotalive.com, Sabtu (3/6/2017) sore.

Namun, kata Irwandi, dari 500 UKM baru 15 UKM yang mulai memasarkan produknya di Tokopedia.com.

"Sisanya itu banyak terkendala karena kesanggupan menyediakan stok. Jadi stok barangnya tak siap. Padahal kalau mau punya lapak di Tokopedia.com itu kan harus selalu siap produknya," ujar Irwandi.

Irwandi mengatakan, semenjak Wakil Gubernur terpilih, Sandiaga Uno menggaungkan program OK OCE, pelatihan tentang teknologi informasi dan aplikasi ke pengusaha UKM yang pertama digerakkan.

Hasilnya Dinas KUMKMP DKI kini mendorong binaannya memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya.

Bahkan kini terkait permodalan ke Bank yang sulit, Dinas KUMKMP tengah menjajaki perjanjian kerjasama dengan pemilik aplikasi Qasir.id untuk memuluskan peminjaman modal usaha ke bank.

Aplikasi itu memudahkan pengusaha UKM membuat buku pelaporan. Istimewanya, dalam beberapa bulan ke depan Qasir.id akan bekerjasama dengan sejumlah bank.

Sehingga pada akhirnya bank bisa dengan mudah memantau pelaporan jual beli dan keuangan pengusaha UKM yang memanfaatkan aplikasi Qasir.id.

Dari situ, bank akan lebih mudah mempercayai kemampuan pengusaha UKM dan akhirnya tak takut meminjamkan modal usaha.(ote)

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved