Ini Pandangan Manny Pacquiao Terkait Darurat Militer Duterte

Manny Pacquiao menyatakan dukungannya atas darurat militer yang diberlakukan Rodrigo Duterte dengan mengatakan bahwa negara harus "bersyukur".

Ini Pandangan Manny Pacquiao Terkait Darurat Militer Duterte
Manny Pacquiao 

WARTA KOTA, MANILA - Ikon tinju Filipina, Manny Pacquiao (Pacman), pada Senin (29/5/2017), menyatakan dukungannya atas darurat militer yang diberlakukan Rodrigo Duterte dengan mengatakan bahwa negara harus "bersyukur" karena memiliki pemimpin yang kuat.

Duterte pada pekan lalu mengumumkan darurat militer di wilayah selatan Mindanao guna memerangi meningkatnya ancaman oleh militan terkait kelompok ISIS.

Para Aktivis, anggota parlemen dari pihak oposisi, bahkan beberapa sekutu Duterte mengkritik keputusan itu dengan memeringatkan hal itu akan menimbulkan pelanggaran hak asasi manusia dan memperluas pelanggaran di tengah perang terhadap narkoba di Filipina.

Namun Pacquiao, sebagai seorang senator terpilih sekaligus pendukung Duterte, memuji gebrakan Presiden Filipina itu.

Baca: Teror Bom Kampung Melayu Diduga Terkait dengan Darurat Militer di Filipina Terkait ISIS

"Kami perlu bersyukur karena memiliki seorang presiden tegas dan kuat yang sedang memerangi masalah ini," kata Pacquiao yang dianggap sebagai pahlawan nasional karena meraih kemenangan dari tinju, seperti dilansir AFP.

"Dari hati saya, saya mendukung deklarasi presiden," imbuh petinju dengan panggilan Pacman itu.

Pacquiao (38) menyatakan dukungannya atas kebijakan Duterte yang memerangi obat-obatan terlarang dengan menerapkan hukuman mati, kendati hal itu memicu protes dari dunia internasional dan mendapat kecaman kelompok hak asasi manusia.

Human Rights Watch pada pekan lalu memperingatkan bahwa undang-undang darurat militer Duterte "mengancam penyalahgunaan militer di Mindanao yang dapat menandingi 'perang obat bius' di daerah perkotaan".

Pada hari Minggu, Duterte mengatakan akan mengabaikan Mahkamah Agung dan kongres saat memberlakukan darurat militer, walaupun konstitusi akan mengawasi hal itu.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help