WartaKota/

Jember Bisa Jadi Pilihan Wisata di Jawa Timur

Ada apa di Jember? Salah satu kabupaten di Jawa Timur itu rupanya menyimpan sejuta pesona wisata alam dan budaya.

Jember Bisa Jadi Pilihan Wisata di Jawa Timur
SENDY ADITYA SAPUTRA
Pantai Paripurna, Jember. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Selalu ada alasan untuk liburan ke suatu daerah. Seperti ke salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di sebelah selatan yaitu Jember.

General Manager Hotel Dafam Lotus Jember, Endro Sulaksono mengatakan Jember memiliki keunggulan dari segi wisata alam dan budaya.

Secara akses, Jember juga terbilang mudah dijangkau dari kota-kota besar.

"Jember itu punya wisata alam dan juga pertanian. Satu yang menarik adalah wisata tembakau. Kedua, wisata alam ada pantai yang bagus dan dataran tinggi yang bagus. Ada satu dataran tinggi yang namanya Bukit Rembangan itu buat budidaya tanaman buah naga. Ketiga di sana ada beberapa pabrik gula di arah 30 kilometer ke selatan Jember," kata Endro kepada KompasTravel saat acara Afternoon Gathering di Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Ia menyebut pantai-pantai di Jember yang memiliki pemandangan menarik untuk wisatawan adalah Watu Ulo dan Pasir Putih Manika (Papuma). Watu Ulo menurutnya punya struktur batu seperti ular.

"Satu juga yang tak kalah, itu Pantai Papuma. Di situ ada tempat kuliner lokal, produk-produk segar dari laut, itu bisa dinikmati di sana. Ada pesanggrahan untuk istirahat di sana," tambah Endro.

Hal yang tak kalah menarik dari Jember adalah budaya. Menurutnya, Jember memiliki akulturasi budaya dari Jawa, Madura, dan Tionghoa.

"Etnis Jawa dan Madura itu menghasilkan budaya pendalungan. Budaya ini sangat kental dialek yang khas dan tak dimiliki oleh daerah lain. Seperti contohnya, Osing di Banyuwangi. Jember itu terpengaruh dari Madura. Misalnya bahasa untuk bicara dengan orang tua itu pakai bahasa Madura," ujar Endro. 

Di Bukit Rembangan misalnya wisatawan bisa merasakan hawa sejuk dengan pemandangan seperti hutan pinus, perkebunan kopi, dan kebun buah naga.

Wisatawan bisa bermain sepeda menuruni bukit dan juga mencoba permainan luar ruang (outbound) seperti flying fox.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help