Bekasi Mulai Perluas TPA Sumurbatu

Namun yang baru terealisasi sekitar 6.800 meter persegi, sementara sisanya sekitar 2,5 hektar masih tahap administrasi pembayaran.

Bekasi Mulai Perluas TPA Sumurbatu
Warta Kota
Ilustrasi TPA Sumur Batu 

WARTA KOTA, BEKASI - Setelah molor hampir tiga tahun, perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi akhirnya dimulai.

Saat ini, Pemerintah Kota Bekasi telah melakukan pembebasan lahan milik warga setempat di sekitar lokasi dengan luas 6.800 meter persegi.

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pada Dinas Lingkungan Kota Bekasi, Dadang Mulyana mengatakan, pemerintah menargetkan perluasan zona TPA Sumurbatu pada tahun ini mencapai 3 hektar.

Namun yang baru terealisasi sekitar 6.800 meter persegi, sementara sisanya sekitar 2,5 hektar masih tahap administrasi pembayaran.

"Harganya sudah deal (sepakat) antara pemerintah dengan warga. Sekarang tinggal menunggu pembayaran saja," ujar Dadang pada Minggu (28/5) petang.

Dadang mengatakan, biaya pembebasan lahan seluas 3 hektar itu mencapai Rp 12 miliar.

Dari total dana yang dikucurkan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017, uang yang sudah terpakai sebesar Rp 3 miliar untuk pembebasan lahan 6.800 meter persegi.

Sementara sisanya sekitar Rp 9 miliar untuk pembebasan lahan seluas 2,5 hektar.

Meski pembebasan lahan itu ditargetkan selesai tahun 2017, namun diproyeksikan lahan seluas 3 hektar tersebut hanya mampu menampung sampah selama dua tahun saja.

Sebab, batas penumpukan sampah di satu zona hanya dibatasi mencapai 15 meter dari permukaan tanah.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved