Warga Duri Utara Tinggalkan Kebiasaan Pakai Jamban untuk Beralih Gunakan Septic Tank

Lokasi yang padat dan sepanjang aliran sungai adalah lokasi potensial orang tidak punya septic dan orang buang BAB sembarangan.

Warga Duri Utara Tinggalkan Kebiasaan Pakai Jamban untuk Beralih Gunakan Septic Tank
Warta Kota/Bintang Pradewo
Perlu diketahui, di RW 02 Duri telah dibangun septic tank yakni dua unit IPAL komunal, empat unit septic tank silinder, satu unit septic tank tripikon dan satu unit septic tank pinastik yang telah dimanfaatkan 344 jiwa dan telah terbentuk Tim STBM yang terdiri dari 21 personil yang dibekali untuk dapat melakukan pemicuan, promosi, monitoring dan pemeliharaan teknologi IPAL komunal. 

WARTA KOTA, TAMBORA -- Untuk menciptakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat septic tank komunal di RW 02, Kelurahan Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (26/5/2017).

Proyek yang dinamakan BERSIH (Bersama Perbaiki Sanitasi dan Higiene Kota) dikerjakan oleh Plan Internasional.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Mungkasa mengatakan, kegiatan itu sebenarnya skala kecil yakni sekitar 340 jiwa.

Namun, di DKI Jakarta saat ini, yang tidak mempunyai septic tank kira kira antara 500 hingga 800 ribu rumah.

Akan tetapi, dirinya optimis dengan septic tank komunal persoalan ini bisa selesai dalam waktu lima tahun kedepan.

"Jadi menurut saya proyek ujicoba ini sangat bagus, karena bisa menunjukan kepada semua orang, bahwa kita bisa berubah. Kami juga percaya angka tadi dalam waktu lima tahun bisa selesai," kata Oswar usai meninjau septic tank komunal di Duri Utara, Jumat (26/5).

Wilayah yang memiliki sanitasi buruk, kata dia, pertama sepanjang aliran sungai. Untuk Ibukota Jakarta sendiri memiliki 13 aliran sungai, karena masih banyak warga berpikiran sudah ada sungai.

Mengapa membuat septic tank, ungkapnya, kedua di kawasan padat penduduk seperti disini 600 orang perhektar, normalnya 120 orang per hektar.

"Jadi, lokasi yang padat dan sepanjang aliran sungai adalah lokasi potensial orang tidak punya septic dan orang buang BAB sembarangan," kata dia.

Perlu diketahui, di RW 02 telah dibangun septic tank yakni dua unit IPAL komunal, empat unit septic tank silinder, satu unit septic tank tripikon dan satu unit septic tank pinastik yang telah dimanfaatkan 344 jiwa dan telah terbentuk Tim STBM yang terdiri dari 21 personil yang dibekali untuk dapat melakukan pemicuan, promosi, monitoring dan pemeliharaan teknologi IPAL komunal.

Halaman
12
Penulis: Bintang Pradewo
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help