WartaKota/

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis ke 30 Kota Tujuan

Pendaftaran offline dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan atau di kantor Dinas Perhubungan Bekasi

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis ke 30 Kota Tujuan
Panji Baskhara Ramadhan
Ribuan pemudik gratis tujuan Semarang menyerbu Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (13/7). Para pemudik yang mengikuti program mudik gratis ini tengah mengantre dengan motor yang dikendarainya untuk masuk ke kapal. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mulai membuka pendaftaran mudik lebaran 2017 pada Sabtu (20/5).

Layanan ini diberikan berdasarkan lntruksi Presiden No.3 Tahun 2004 Tentang koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu.

Bagi masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik, bisa mendaftarkan diri baik secara online maupun offline.

Pendaftaran offline dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 di GOR Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan atau di  kantor Dinas Perhubungan Bekasi, Depok, Tangerang Kota dan Tangerang Selatan.

Sementara, untuk pendaftaran online, masyarakat bisa mengakses www.mudikgratis.dephub.co.id. 

Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana menyatakan, mudik gratis dilakukan dalam rangka pengendalian penggunaan kendaraan pada periode mudik kali ini. Adapun tujuannya untuk menjamin kelancaran lalu lintas.

"Mudik menjadi fenomena unik dimana masyarakat berbondong-bondong pulang kampung dengan berbagai moda transportasi. Maka potensi terjadi kecelakaan sangat besar. Maka perlu dilakukan pengawasan agar kegiatan ini bisa berjalan tertib serta untuk menekan angka kecelakaan lalin," jelas Cucu saat meresmikan pembukaan pendaftaran mudik gratis di Blok M Square, Sabtu (20/5).

Ia mengatakan, program pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan moda angkutan jalan raya ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mudik menggunakan moda transportasi yang lebih aman.

Program Mudik Gratis ini akan diberlakukan untuk pengendara motor baik menggunakan bus maupun menggunakan kapal RORO.

"Dibandingkan 2016 di 2017 ini mudik gratis motor terjadi peningkatan 70% dengan kuota sebanyak 8510 termasuk dengan kapal. Kapal sendiri 5.000. Kuota orang naik 287% menjadi 64.900 dari realisasi 2016. Di 2017 kita akan menyediakan kuota 1220 bus dan 77 truk bagi para pemudik. Untuk peningkatan kota tujuan sebesar 227% dari 9 lokasi tujuan menjadi 30 kota tujuan di 2017 dan ini tersebar di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan tentunya di Lampung," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help