WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

AFI Ajak Pebisnis Waralaba Perluas Pasar

Kalau satu koperasi punya satu outlet saja, lalu transaksi per bulan misalnya Rp 500.000, omzetnya bisa Rp 1,5 triliun.

AFI Ajak Pebisnis Waralaba Perluas Pasar
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ilustrasi kegiatan di sebuah waralaba. 

WARTA KOTA, SENAYAN -- Sebanyak 150 perusahaan dengan 350 merk meramaikan pameran peluang usaha dan waralaba, International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dibuka sejak Jumat (19/5) IFRA 2017 akan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (21/5/2017).

Pameran yang dibuka oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Tjahya Widayanti dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta itu mengusung tema “Take A Chance To Become An Entrepreneur”.

Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) selaku penyelenggara IFRA 2017, menyatakan bahwa pameran itu memiliki dua tujuan yaitu bagaimana menyosialisasikan sistem waralaba kepada masyarakat, serta meningkatkan jangkauan pasar bagi pelaku bisnis waralaba.

"Kami mengajak pelaku usaha waralaba berani mengembangkan bisnis mereka, tidak hanya di level nasional, tetapi juga menyasar peluang di kawasan ASEAN. Kami juga mengajak masyarakat berani melirik peluang menjadi pengusaha," tuturnya.

Anang menyebut bahwa praktik bisnis waralaba adalah penerapan ekonomi kerakyatan, karena waralaba ini dilakukan oleh orang banyak dan untuk orang banyak.

Kategori waralaba yang bisa digeluti, kata dia, ada lebih dari 100.

Pertama tentu saja kategori makanan dan minuman. Bukan hanya di Indonesia, waralaba Amerika, Australia, Jepang, hingga Korea lebih dari 50 persen adalah di bidang makanan dan minuman.

Kedua adalah kategori edukasi seperti kursus bahasa dan bimbingan belajar.

Ketiga, kategori retail seperti minimarket, toko roti, dan apotek. Ke empat adalah salon dan spa.

Halaman
123
Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help