WartaKota/
Home »

Video

Narkoba

VIDEO: BNN Musnahkan 30.329,5 Gram Sabu dan 29.367 Butir Ekstasi

Sejumlah barang bukti narkotika kembali dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dari hasil tujuh kasus yang berbeda.

VIDEO: BNN Musnahkan 30.329,5 Gram Sabu dan 29.367 Butir Ekstasi
Joko Supriyanto
Kepala BNN Komjen Budi Waseso saat menunjukkan jenis baru narkotika dalam pake di Kantor BNN Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Joko Supriyanto

WARTA KOTA, CAWANG -- Sejumlah barang bukti narkotika kembali dimusnahkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dari hasil tujuh kasus yang berbeda.

Dari hasil temuan tersebut diantaranya berupa 30.329,5 gram sabu, 29.367 butir ekstasi, 311.2 gram prekusor padat,1.518 gram Narkotika bentuk tanaman (ganja), 498 ganja sintetis bentuk serbuk, 62.959 ml cairan prekusor.

Dari tujuh kasus tersebut BNN menetapkan 18 tersangka diantaranya 16 pria dan dua diantaranya seorang wanita. Namun tersangka lainnya diantaranya ditembak mati saat melakukan penangkapan.

Sementara itu dalam pemusnahan narkotika yang dilakukan BNN yang ke lima kali selama 2017 ini terdapat sejumlah narkoba jenis baru Synthetic cannabioid.

"Synthetic cannabioid salah satu narkotika jenis baru yang kami temukan dalam bentuk tanaman, paket ini ditemukan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta saat melakukan controlled delivery terhadap paket tersebut. Dari hasil pengeledahan berhasil mengamankan dua tersangka inisial BAD dan YA," kata Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso di Kantor BNN Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017).

Sementara itu Kepala Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menambahkan, penggunaan narkotika jenis Synthetic Cannabinoid biasanya dihisap seperti rokok, direbus, dicampur atau dikunyah langsung untuk tumbuhan jenis akar.

"Efeknya sama dengan narkoba jenis lain terutama jenis sabu dan heroin," ujar Arman di lokasi yang sama.

Menurutnya, peredaran narkotika jenis Synthetic Cannabinoid biasa dilakukan melalui internet. Jual-beli dilakukan melalui website.

"Mereka biasa beli di internet, melalui website, itu memang narkotika jenis baru, yang alami berupa tumbuhan," katanya. (M13)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help