MUI: Memaksakan Sistem Khilafah Adalah Kesesatan Secara Agama dan Pembangkangan Secara Politik

Berarti, kata Cholil, mereka telah mewajibkan yang mubah dan mengharamkan yang halal, dan ini kesesatan beragama.

MUI: Memaksakan Sistem Khilafah Adalah Kesesatan Secara Agama dan Pembangkangan Secara Politik
Tribunnews.com
Logo MUI

WARTA KOTA, PALMERAH - Anggota Dewan Syariah Majelis Ulama Indonesia (MUI) M Cholil Nafis menyatakan, memaksakan sistem khilafah di Indonesia yang telah sepakat dan final meletakkan dasar negara berasaskan Pancasila, berarti pengkhianatan terhadap janji persatuan.

Secara agama, jelasnya, sistem khilafah yang ijtihad itu menjadi keharusan dalam bernegara, sehingga harus mengganti sistem negara Pancasila yang telah disepakati. Berarti, kata Cholil, mereka telah mewajibkan yang mubah dan mengharamkan yang halal, dan ini kesesatan beragama.

"Memaksakan sistem khilafah di Indonesia sebagai ganti Pancasila adalah kesesatan secara agama dan pembangkangan secara politik," jelasnya melalui keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Baca: Hizbut Tahrir Indonesia: Dalam Islam, Kedaulatan Bukan di Tangan Rakyat

Sistem khilafah yang memusatkan pemerintahan kepada seorang khalifah di seluruh dunia, lanjutnya, adalah bagian dari ijtihad manusia. Khilafah seperti itu bukan satu-satunya tafsir tentang model pemerintahan Islam.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW, tutur Cholil, saat mendirikan negara Madinah dengan konstitusi (shahifah),  model negaranya adalah pluralitas dan persatuan umat tanpa melihat perbedaan agamanya, asalkan komitmen pada kebangsaan.

Baca: Dibubarkan Pemerintah, Hizbut Tahrir Indonesia Minta Dukungan Fadli Zon

"Oleh karena itu, kami sepakat atas kebijakan pemerintah untuk mencegah segala bentuk gerakan yang mengancam kesatuan bangsa. Dan jika ketetapan itu dari organisasi kemasyarakatan Islam, tak berarti memusuhi Islam," paparnya. (Amriyono Prakoso)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help