WartaKota/

Ini Yang Nyusahin Tanjungpinang Jadi Tujuan Wisata

Tanjungpinang mulai berbenah untuk menyambut wisatawan. Namun ada beberapa hal yang menghambat pengembangan potensi pariwisatanya.

Ini Yang Nyusahin Tanjungpinang Jadi Tujuan Wisata
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
Gedung Gonggong yang terletak di Jalan Hangtuah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau merupakan ikon Kota Tanjung Pinang. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Kota Tanjungpinang dalam beberapa tahun terakhir berkembang menjadi destinasi wisata lokal maupun mancanegara.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, kotanya menghadirkan wisata sejarah dan reliji karena banyak terdapat situs bersejarah.

Di samping itu, Tanjungpinang dikelilingi perairan luas sehingga kawasan pantai menjadi salah satu daya tarik.

"Bisa untuk olahraga pantai dan kita kombinasikan dengan pengembangan untuk wisata olahraga," ujar Lis saat ditemui di Comfort Hotel Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (15/4/2017) malam.

Lis mengatakan, dalam sejarahnya, Tanjungpinang pernah menjadi tujuan utama pelancong dari Malaysia dan Singapura untuk berakhir pekan. Ia ingin potensi tersebut terus berkembang.

Hanya saja, diakui Lis bahwa tak semudah itu menjadikan kotanya tujuan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, untuk singgah.

Pengembangan daerah perbatasan, kata dia, masih sekadar "lips service". 

"Kita harapkan pemerintah pusat berikan perhatian itu. Karena kalau dukungan infrastruktur yang akan kita bangun dengan kemampuan daerah, saya yakin 20 tahun juga belum tentu akan berkembang," kata Lis.

Lis menekankan pentingnya dukungan pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan wisata di Tanjungpinang, termasuk dari segi anggaran.

Dengan anggaran, misalnya Rp 100 miliar, Lis yakin akan sangat mendorong pembangunan kotanya. Karena dalam pariwisata, kondisi alam saja tidak cukup.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help