WartaKota/

Pasar Gembrong, Surga Mainan yang Belum Ramah Anak

Pasar Prumpung atau lebih dikenal dengan nama Pasar Gembrong telah lama menjadi pusat penjualan sekaligus perkulakan mainan khusus anak-anak.

Pasar Gembrong, Surga Mainan yang Belum Ramah Anak
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Pasar Gembrong, Senin (15/5). 

WARTA KOTA, JATINEGARA -- Pasar Prumpung atau lebih dikenal dengan nama Pasar Gembrong telah lama menjadi pusat penjualan sekaligus perkulakan mainan khusus anak-anak.

Akan tetapi, walau beragam jenis mainan yang ditawarkan menjadi idaman semua anak, nyatanya pasar belum ramah anak.

Terletak persis di sisi Jalan Jenderal Basuki Rahmat, persis di sisi Jalan DI Panjaitan, Cipinang Besar, Jatinegara, Jakarta Timur, lokasi Pasar Gembrong terbilang strategis.

Karenanya, walau lebih dari tujuh dekade berselang, tepatnya sekitar tahun 60-an, Pasar Gembrong masih menjadi salah satu tujuan utama untuk berbelanja mainan anak di Ibu Kota.

Berusia lebih dari setengah abad, Pasar Gembrong pun telah melalui banyak perubahan, mulai dari ragam mainan hingga penataan kawasan pasar.

Namun, perubahan wajah pasar kembali semrawut lantaran banyaknya pedagang yang memberanikan diri menggelar lapak dagangannya hingga memenuhi trotoar dan sisi jalan.

Pemandangan itu seperti yang terlihat saat Warta Kota menyambangi Pasar Gembrong pada Minggu (14/5) siang.

Dari kejauhan, keberadaan Pasar Gembrong mudah dikenali dengan hamparan pedagang karpet di sisi Jalan DI Panjaitan dari arah Jatinegara menuju Cawang.

Layaknya menyambut, sejumlah pedagang terlihat sesekali membunyikan terompet untuk menarik perhatian, bermacam boneka berwarna-warni yang terpanjang pun menjadi pemandangan menyenangkan bagi para pengendara jalan yang terjebak kemacetan.

Semrawut

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help