Jokowi Tawarkan Tiga Megaproyek di Tiga Provinsi ke Pemerintah Tiongkok

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menawarkan tiga mega proyek kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Jokowi Tawarkan Tiga Megaproyek di Tiga Provinsi ke Pemerintah Tiongkok
Tribunnews.com/NICOLAS MANAFE
Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping melakukan pertemuan bilateral di Great Hall of the People Beijing, Minggu (14/5/2017). 

WARTA KOTA, BEIJING - Di sela serangkaian KTT Jalur Sutera, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Xi Jinping, di Great Hall of the People Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, Minggu (14/5/2017).

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menawarkan tiga mega proyek kepada Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

"Dalam kaitan ini, saya ingin mengundang secara khusus pemerintah Presiden Xi untuk bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia di tiga megaproyek," ujar Presiden Jokowi.

Baca: Jokowi Serahkan Alquran, Sarung, dan Peci kepada Imam Masjid Tertua di Tiongkok

Pertama, Presiden Jokowi menawarkan proyek koridor ekonomi terintegrasi, konektivitas, industri, dan pariwisata di Sumatera Utara.

"Yang kedua, koridor terintegrasi, konektivtias, terintegrasi di Sulawesi Utara," ucap Jokowi.

Ketiga, berdasarkan keterangan Menko Maritim Luhut Panjaitan sebelumnya, Pemerintah Indonesia menawarkan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Baca: Investasi Arab Saudi Lebih Besar ke Tiongkok Ketimbang Indonesia, Jokowi: Kita Harus Introspeksi

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin memanfaatkan konferensi tinggi Belt and Road Forum minggu ini untuk menciptakan momentum segar, terutama untuk kerja sama RRT-Indonesia dalam rangka one belt one road," tutur Jokowi.

Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping menyaksikan menteri-menterinya melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu RRT Wang Yi tentang Plan of Action, terkait implementasi Comprehensive Strategic Partnership.

Jokowi kemudian menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dengan Menteri Perdagangan RRT Zhong chan.

Jokowi dan Xi Jinping lalu menyaksikan penandatangan kerja sama antara Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan dengan Direktur Utama Bank Pembangunan Nasional Tiongkok Hu Huaibang. (*)

Penulis: z--
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved