Atasi Lonjakan Harga, 2900 Ton Bawang Putih Impor Masuk Pekan Depan

Sebanyak 2900 ton bawang putih dari India dan Tiongkok akan masuk pekan depan ke Indonesia. Kebijakan tata niaga impor ini dibuka tanpa pembatasan

Atasi Lonjakan Harga, 2900 Ton Bawang Putih Impor Masuk Pekan Depan
Kompas.com
Bawang putih impor. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka kembali keran impor komoditas bawang putih, untuk mengatasi lonjakan harga bawang putih yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia termasuk Kota Depok, dan beberapa wilayah penyangga Jakarta lain, sejak pekan lalu menjelang Ramadan ini.

Sebanyak 2900 ton bawang putih dari India dan Tiongkok akan masuk pekan depan ke Indonesia. Kebijakan tata niaga impor ini dibuka tanpa pembatasan kuota.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia (ABPI) Pieko Njotosetiadi, Rabu (10/5/2017).

"Mulai pekan depan importir akan mendatangkan 100 kontainer bawang putih dari Cina dan India secara bertahap. Tiap kontainer berisi 29 ton bawang putih," katanya.

Ini berarti totalnya ada 2900 ton bawang putih yang akan masuk ke pasar Indonesia mulai pekan depan untuk mengatasi lonjakan hargam

Ia menilai langkah yang dilakukan pemerintah dengan membuka keran impor ini, merupakan langkah baik dan strategis, untuk memastikan stok bahan pokok aman serta harga stabil.

Menurutnya langkah menjelang Ramadan kali ini, bukan untuk membanjiri pasar. "Tetapi agar stok terjamin dan bisa menstabilkan harga," katanya.

Pieko yakin impor bawang putih ini akan menurunkan harga di pasaran secara signifikan.

"Saya support dan dukung kebijakan Mendag pak Enggar. Karena ini langkah yang tepat untuk menjamin ketersediaan stok. Selain itu harga juga akan bisa kita kendalikan dengan baik," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Syarkawi Rauf, menilai ebijakan tata niaga yang dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini untuk pengendalian harga, merupakan langkah strategis yang bisa menghentikan aksi mafia pangan. Dimana mereka selalu beraksi dan ambil kesempatan setiap jelang hari raya termasuk Ramadan.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved