VIDEO: Puluhan Pohon di Lingkar Fly Over UI Dipangkas

Penebangan dan pemangkasan dilakukan untuk mencegah tumbangnya pohon yang dapat menimbulkan korban jiwa seperti yang terjadi, Selasa (5/2/2017) lalu

VIDEO: Puluhan Pohon di Lingkar Fly Over UI Dipangkas
YouTube
Sejumlah petugas saat melakukan penebangan pohon di kawasan fly over Universitas Indonesia, Senin (8/5). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Puluhan pohon di lingkar Fly Over Universitas Indonesia (UI) di perbatasan antara Depok dan Jakarta Selatan, yang rawan tumbang, ditebang dan dipangkas petugas sejak Sabtu (7/5/2017) sampai Minggu (8/5/2017).

Penebangan dan pemangkasan dilakukan untuk mencegah tumbangnya pohon yang dapat menimbulkan korban jiwa seperti yang terjadi, Selasa (5/2/2017) lalu.

Dimana pohon tumbang menimpa Honda Jazz merah dan mengakibatkan seorang penumpangnya tewas dan dua lainnya luka-luka.

Selain itu, untuk mencegah dan mengantisipasi pohon tumbang yang dapat mengakibatkan korban jiwa di Kota Depok, jajaran anggota TNI AD dari Kodim 0505 Kota Depok juga turut serta membantu Pemkot Depok dalam memangkas dan mengatasi sejumlah pohon rawan tumbang di Depok, Jumat (5/5/2017).

Komandan Kodim (Dandim) 0505 Kota Depok Letkol Inf Slamet Supriyanto menuturkan inisiatif pihaknya membantu Pemkot Depok dalam memotong pohon rawan tumbang dan pohon tua ini, untuk mengantisipasi dan mencegah jatuhnya korban jiwa akibat pohon tumbang seperti yang terjadi lingkar fly over UI dan mengakibatkan satu orang tewas, beberapa hari lalu.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami, karena adanya korban jiwa akibat pohon tumbang. Semoga dengan apa yang kami lakukan tidak ada lagi musibah seperti yang terjadi beberapa hari lalu," kata Slamet Supriyanto.

Untuk langkah awal, kata Supriyanto pemangkasan pohon tumbang dan penebangan pohon tua dilakukan di Jalan M Yusuf, Sukmajaya, Depok.

Setelah itu kata dia, hal yang sama juga akan dilakukan di ruas jalan yang banyak pohon rawan tumbang di Depok seperti di Jalan Juanda, Jalan Proklamasi, Jalan Raya Bogor dan wilayah lainnya.

"Pemangkasan pohon rawan tumbang ini kami gunakan alat sendiri. Kami dibantu dinas terkait dari Pemkot Depok," katanya.

Menurutnya di akhir-akhir ini hujan yang turun di wilayah Depok selalu disertai angin kencang. Hal ini membuat sejumlah pohon tua dan pohon yang rimbun di Depok menjadi rawan tumbang.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved