Stadion Baru di Balikpapan Ini Disebut-sebut Mirip Markas Arsenal

Geliat persepakbolaan di Indonesia, khususnya Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, makin bergairah.

Stadion Baru di Balikpapan Ini Disebut-sebut Mirip Markas Arsenal
TRIBUN KALTIM
Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur 

WARTA KOTA, BALIKPAPAN - Geliat persepakbolaan di Indonesia, khususnya Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, makin bergairah.

Hal ini terbukti dari berkembangnya pembangunan infrastruktur stadion megah berskala internasional. Stadion Batakan di Balikpapan Timur misalnya.

Kemegahan Stadion Batakan yang akan menjadi markas tim Persiba Balikpapan tersebut disebut‑sebut mirip Emirates Stadium milik Arsenal di London, Inggris.

Stadion dengan kapasitas 42 ribu penonton ini memiliki desain modern sebagai arena sepak bola. Betapa tidak? Stadion yang dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 18 hektare ini berdiri berbagai sarana olahraga dengan standar olimpiade.

Fasilitas pendukung yang dibangun di antaranya ruang press conference standar FIFA, dan dua gedung olahraga (GOR) untuk voli dan bulutangkis sesuai master plan.

Khusus ruangan pemain dilengkapi ruang pelatih, ruang pemanasan, ruang kesehatan, toilet, urinoir, dan tempat baju.

Muhammad Anugrah, Site Manager PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana pembangunan Stadion Batakan mengungkapkan, sekitar 80 persen main equipment dan mechanical electrical produk diimpor, karena tidak diproduksi di Indonesia.

"Hampir seluruh equitment mechanical 80 persen itu impor dari luar negeri seperti genset, speaker, lift, eskalator," ungkapnya.

Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur
Stadion Batakan di Balikpapan, Kalimantan Timur (TRIBUN KALTIM)

Kapasitas PLN yang disediakan untuk Stadion Batakan kurang lebih 4,3 Megawatt. Penerangan stadion menggunakan lampu LED, satu sisi tribun 135 buah atau total 270 buah yang menghasilkan pencahayaan sebesar 2.300 lux. Padahal, standar nasional stadion hanya 1.200 lux dan standar internasional hanya 1.800 lux.

"Jadi standarnya memang pencahayaan harus merata, ada tim khusus yang nyeting lampu pemasangannya, seperti mengunakan laser tembak pakai laser diteropong, begitu disetel merata semua pencahayaan," paparnya.

Halaman
123
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help