WartaKota/

Pemprov NTB Bakal Poles Kawasan Rinjani

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berjanji meningkatkan infrastruktur kawasan Gunung Rinjani guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pemprov NTB Bakal Poles Kawasan Rinjani
JOKO DWI CAHYANA
Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berjanji meningkatkan infrastruktur kawasan Gunung Rinjani guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin usai membuka kompetisi lari lintas alam Rinjani 100 di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Jumat (5/5/2017).

Menurut Amin, pariwisata di Rinjani terus tumbuh dengan signifikan.

Setiap tahun selalu saja ada wisatawan yang datang menikmati keindahan alam di Rinjani.

"Kawasan ini memang menyimpan berbagai keindahan dan masih menjaga kebudayaan tradisionalnya," ujar Amin.

Menurut Amin, Pemprov NTB akan meningkatkan pembangunan infrastruktur di kawasan Rinjani, seperti jalan, air bersih, dan listrik.

Pemprov NTB juga berniat untuk menambah jumlah fasilitas penginapan sebab kawasan Rinjani kesulitan menyediakan tempat menginap jika ada kegiatan yang menarik ratusan peserta, seperti Rinjani 100.

"Ketika ratusan orang datang, ternyata banyak kamar yang habis," tuturnya.

Pemprov NTB berusaha meningkatkan pariwisata di Rinjani karena dampaknya sangat baik untuk meningkatkan keadaan ekonomi masyarakat sekitar.

"Pendapatan masyarakat bertambah dan lapangan kerja pun terbuka. Ini positif karena Rinjani adalah salah satu pusat kemiskinan di NTB," ujar Amin. 

Rinjani 100 merupakan kompetisi lari lintas alam internasional yang diikuti oleh 502 peserta dari 28 negara, termasuk Indonesia, diadakan mulai Jumat sampai Minggu (7/5/2017).

Kejuaraan lari yang melewati puncak Gunung Rinjani ini mempertandingkan empat kategori, yaitu 27 kilometer, 36 kilometer, 60 kilometer, dan 100 kilometer.

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help