Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal I 2017, Mesti Dijaga

BPP HIPMI menilai, pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,1 persen, pada kuartal I-2017 membangkitkan optimisme dunia usaha.

Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal I 2017, Mesti Dijaga
Kompas
ILUSTRASI - Pekerja berada di kontruksi beton penyangga pada proyek pembangunan jalan layang non tol Kampung Melayu - Tanah Abang di Jalan Casablanca, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2011). Jalan layang yang dibangun untuk mengurai kemacetan di Jakarta tersebut diperkirakan akan rampung pertengahan 2012. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) menilai pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,1 persen, pada kuartal I-2017 membangkitkan optimisme dunia usaha.

Karenanya momentum pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tersebut, harus dijaga dan terus dipertahankan oleh semua pihak termasuk para pelaku usaha.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum BPP Hipmi, Bahlil Lahadalia, dalam siaran pers yang diterima Warta Kota, Sabtu (6/5/2017).

"PDB awal tahun ini membangkitkan optimisme kita semua," ujarnya saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Nanggroe Aceh Darussalam, Sabtu, (6/5/2017).

Bahlil mengatakan, optimisme tersebut menguat sebab pertumbuhan di atas 5 persen ini justru terjadi kuartal I-2017.

Sebab secara siklus, biasanya pertumbuhan baru akan menguat pada kuartal III dan kuartal IV.

“Biasanya belanja swasta belum terlihat di kuartal I, bahkan kreditnya pun belum turun atau baru dibelanjakan pada kuartal II dan seterusnya. Tapi kini PDB kita sudah naik di kuartal I. Momentum ini harus terus dijaga," kata Bahlil.

Bahkan katanya biasanya realisasi belanja pemerintah baru menguat pada kuartal II. Sebab realisasi atau pencairan anggaran selalu mengalami banyak kendala pada awal tahun.

Namun, PDB awal tahun ini cukup berbeda dan sudah membangkitkan optimisme dunia usaha.

Untuk itu, kata Bahlil, Hipmi menghimbau agar para pelaku usaha turut berperan serta membantu pemerintah menjaga momentum pertumbuhan tersebut, terutama pelaku usaha besar.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help