Operasi Parkir Liar

32 Kendaraan Terjaring Parkir Liar di Cipayung

"Operasi ini sebagai tindak lanjut dari banyaknya laporan masyarakat melalui aplikasi qlue demi terciptanya kawasan lingkungan yang tertib," jelasnya,

32 Kendaraan Terjaring Parkir Liar di Cipayung
Petugas Dishub DKI menertibkan kendaraan yang parkir liar di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, CIPAYUNG -- Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur menggelar operasi penertiban parkir liar di sejumlah titik di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (5/5).

Sedikitnya 32 kendaraan terjaring dalam operasi tersebut.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Slamet Dahlan mengatakan, operasi dilakukan menyikapi banyaknya aduan yang masuk melalui aplikasi qlue soal keberadaan parkir liar yang mengganggu kelancaran lalu lintas.

"Operasi ini sebagai tindak lanjut dari banyaknya laporan masyarakat melalui aplikasi qlue demi terciptanya kawasan lingkungan yang tertib," jelasnya, Jumat (5/5).

Menurut Slamet, semua kendaraan yang terjaring itu langsung diberikan sanksi berbeda-beda. Masing-masing 10 kendaraan diderek, 15 kendaraan ditilang dan tujuh kendaraan distop operasi.

"Sanksi ini untuk memberikan efek jera bagi pengendara yang bandel parkir liar di bahu jalan. Sehingga memicu kemacetan lalu lintas Jalan," katanya.

Adapun penindakan itu dilakukan di sepanjang Jalan Hasan Bambu Apus, Jalan Mabes Hankam Raya, Jalan Raya Bina Marga Cipayung, Jakan Raya Ceger dan pertigaan MC Donald Cipayung.

"Operasi ini melibatkan sekitar 100 petugas gabungan dari Sudinhubtrans Jakarta Timur, Satpol PP, kelurahan/kecamatan, Polisi Militer, Garnisun dan Polantas," katanya.

Slamet menambahkan, khusus untuk kendaraan yang di stop operasi, penindakan dilakukan di kawasan perempatan Pasarebo. Seluruhnya adalah angkutan umum, seperti Mikrolet, KWK dan Bus AKAP.

"Pelanggarannya adalah rata-rata surat kendaraan tidak lengkap dan telah kadaluarsa. Ada juga bus yang menyalahi trayek, tidak sesuai dengan kartu pengawasan (KPS)," ungkapnya. (fha)

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help