WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Pilkada DKI Jakarta

KPU DKI Bakal Pertemukan Kembali Ahok-Djarot dan Anies-Sandi

Dalam penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, nantinya KPU DKI akan kembali memanggil kedua pasangan calon untuk menghadiri acara penetapan.

KPU DKI Bakal Pertemukan Kembali Ahok-Djarot dan Anies-Sandi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Presenter Ira Koesno bersama Cagub dan Cawagub DKI Jakarta 2017 melakukan swa foto usai Debat Kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta pada putara kedua di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/11). 

WARTA KOTA, SALEMBA - Dalam penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta oleh KPU DKI, berdasarkan dari perolehan suara dalam pilkada putaran kedua yang akan digelar besok Jumat (5/5/2017) bertepatan dikantor KPU DKI Jakarta.

Nantinya KPU DKI Jakarta akan kembali memanggil kedua pasangan calon untuk menghadiri acara penetapan ini.

"Iya besok Jumat (5/5) penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih, nanti kita undangan semuanya baik itu paslon, tim pemenangan dan juga pimpinan media massa, kita undang," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, Kamis (4/5/2017).

Selain itu Sumarno menyatakan bahwa pasangan nomor urut tiga dipastikan akan hadir dalam penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih ini.

"Kita sudah dapat konfirmasi untuk pasangan nomor urut tiga dipastikan hadir, namun untuk pasangan nomor urut dua belum ada konfirmasi lebih lanjut tapi kami tetap undang," katanya.

Sementara itu beberapa waktu lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah melakukan pengesahan hasil rekapitulasi tingkat provinsi pada minggu (30/4/2017)

Dari hasil rekapitulasi surat suara tersebut, perolehan suara terbanyak pada putaran kedua Pilkada DKI diraih pasangan calon nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan 3.240.987 suara atau setara 57,96 persen.

Adapun pasangan nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat memeroleh 2.350.366 suara atau setara 42,04 persen.

Dengan hasil tersebut, maka sudah dapat dipastikan Anies dan Sandi akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.

Keduanya akan dilantik pada Oktober mendatang. Sedangkan penetapan keduanya sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilakukan pada 4 Mei 2017.

Selain itu batas pengajuan gugatan ke MK jatuh pada hari Kamis (4/5), untuk itu KPU DKI masih menunggu jawaban dari MK apakah ada gugatan dari pasangan calon nomor urut dua.

"Kami sudah bersurat ke MK jadi saat ini kita tinggal menunggu hasil jawaban dari MK, diperkirakan malam jawabaymn dari MK, karena batas pengajuan gugatan besok tanggal 4 mei 2017," kata Sumarno. (Joko Supriyanto)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help