WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Koran Warta Kota

KPK Tak Akan Turuti Kemauan DPR, Rekaman Penyidikan Tidak Akan Dibuka

Syarif memastikan, institusinya tak akan menuruti keinginan DPR yang meminta membuka BAP Miryam S Haryani.

KPK Tak Akan Turuti Kemauan DPR, Rekaman Penyidikan Tidak Akan Dibuka
Dok.Wartakota
KPK tidak akan mematuhi permintaan DPR jika harus membuka hasil penyidikan kasus korupsi e-KTP. 

WARTAKOTA, SENAYAN-- Rapat Paripurna DPR RI menyetujui penggunaan Hak Angket terkait pelaksanaan tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

"Apakah usul hak angket tentang pelaksanaan tugas KPK yang diatur dalam UU KPK dapat disetujui menjadi hak angket DPR?" kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Jakarta, Jumat (28/4).

Setelah itu, anggota DPR menyatakan setuju. Lalu Fahri dengan cepat mengetuk palu sebagai tanda keputusan telah diambil.

Namun setelah itu beberapa anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra maju ke depan meja pimpinan DPR sebagai bentuk protes atas pengambilan keputusan yang terlalu cepat.

Namun protes itu diabaikan pimpinan DPR sehingga Rapat Paripurna tetap berjalan.

Dalam penjelasannya, wakil pengusul hak angket KPK Taufiqulhadi menjelaskan, tidak dapat dipungkiri bahwa kinerja KPK mendapatkan penilaian yang baik dari masyarakat.

Baca: Amien Rais Bongkar Teror terhadap Ulama dan Novel Baswedan di Komnas HAM

Namun menurut dia, hal itu bukan berarti prinsip transparansi dan akuntabilitas tidak perlu menjadi perhatian.

"Apalagi dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi KPK, Komisi III mendapatkan masukan tidak selalu berjalannya pelaksanaan tupoksi itu sesuai peraturan perundang-undangan dan tata kelola kelembagaan yang baik," ujarnya.

Dia mencontohkan terkait tata kelola anggaran, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kepatuhan KPK 2015 mencatat ada tujuh indikasi ketidakpatuhan KPK terhadap perundang-undangan.

Halaman
1234
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help