Ribuan Buruh Tangerang Akan Kepung Jakarta

Pihak buruh pun sudah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian. Mereka menggelar rapat guna membahas aksi besar - besaran dari kaum buruh ini.

Ribuan Buruh Tangerang Akan Kepung Jakarta
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
LUSTRASI - Puluhan ribu buruh dari berbagai kalangan berjalan kaki memperingati hari buruh internasional atau Mayday di Kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa (1/5). Para buruh yang tergabung KSPSI, KSBI, KSPI, FSB TSK, FSBI,GSPMII,OPSI,FSP LEM DAN SPIN rencananya akan berjalan menuju Istana Merdeka dan berorasi menuntut hak-haknya. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Perayaan Hari Buruh atau yang lebih dikenal dengan May Day beberapa hari lagi akan berlangsung. Tepat pada 1 Mei 2017 ini rencananya ribuan buruh dari Tangerang akan mengepung Jakarta.

Pihak buruh pun sudah melakukan koordinasi dengan jajaran kepolisian. Mereka menggelar rapat guna membahas aksi besar - besaran dari kaum buruh ini.

"Tadi perwakilan dari tim khusus buruh sudah mengadakan rapat dengan kami," ujar Kasubag Humas Polrestro Tangerang, Kompol Triyani kepada Warta Kota, Jumat (28/4/2017).

Dalam aksi tersebut terdapat enam titik keberangkatan massa yang bertolak ke Jakarta. Dan satu titik kegiatan terpusat di Alun - alun Lapangan Ahmad Yani, Tangerang.

"Kami masih berkoordinasi dengan jajaran soal pembahasan aksi ini. Mulai dari pembicaraan tingkat Kapolsek sampai Kabag Ops untuk pengawalan pada May Day," ucapnya.

Para buruh akan bergerak dengan kendaraan roda dua dan empat guna menyuarakan aspirasinya di Ibu Kota. Hal itu pun berpotensi dapat menimbulkan kemacetan lalu lintas.

"Pastinya kami kerahkan anggota guna meminimlisir kemacetan terutama pada akses jalan ke arah Jakarta," kata Triyani.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Tangerang, Suwandi mengungkapkan persoalan yang diangkat pada perayaan May Day ini yakni mengenai outsouching.

"Selain itu kami juga bicara masalah karyawan magang, meski ada Undang - undang itu yang merugikan para karyawan," tutur Suwandi.

Kaum buruh tersebut tiba di titik kumpul pada pukul 07.00. Beberapa titik yang menjadi konsentrasi di antaranya Ruko Sastra Plaza Jatiuwung dari masa FSPMI sebanyak 500 orang, Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dari massa KASBI 500 orang, dan Ruko Arcadia Batuceper dari massa SPSI KEP 600 buruh.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved