KNPI DKI Jakarta Teken Kerja Sama Dengan Dirjen Pemasyarakatan untuk Melatih Skill Narapidana

Program ini akan diadakan secara nasional diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan KNPI DKI Jakarta.

KNPI DKI Jakarta Teken Kerja Sama Dengan Dirjen Pemasyarakatan untuk Melatih Skill Narapidana
Warta Kota/Feryanto Hadi
KNPI DKI Jakarta juga menghimbau tokoh muda Jakarta bergabung pada program Jeera dengan membuka website www.mauberubah.com. Dalam situs tersebut, masyarakat bisa mengetahui sejarah awal dari program Jeera agar peduli pada warga binaan. 

WARTA KOTA, JATINEGARA -- KNPI DKI Jakarta menginisiasi pemberdayaan potensi pemuda warga binaan pemasyarakatan dalam program Jeera.

Melalui Yayasan Jeera Indonesia, program ini akan diadakan secara nasional diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan KNPI DKI Jakarta pada Kamis 27 April 2017 di Jakarta.

"Kamis, tanggal 27 April 2017, dalam perayaan HUT Pemasyarakatan dan disaksikan oleh Menteri Hukum dan Ham KNPI DKI Jakarta akan melakukan MoU agar program ini dapat dilaksanakan secara nasional," ujar Gusti Arief Ketua KNPI DKI Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Gusti menjelaskan, pihaknya sudah mengawali program ini di rumah tahunan kelas 1 Cipinang dengan melatih warga binaan pemasyarakatan, kami memberikan ketrampilan dan skill agar mereka mendapat kesempatan kedua setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan.

Pembekalan pelatihan diberikan agar warga binaan pemasyarakatan ini tidak lagi kembali kepada kehidupan lama yang kriminal namun dapat memperoleh kehidupan yang baru dan lebih baik karena telah memiliki skill dan kemampuan baru.

"Kita berikan ilmu dan kemampuan yang baru dari A sampai Z, setelah mereka keluar kita carikan pemodal, yang kedua kita carikan lapangan pekerjaan bekerjasama dengan pihak ketiga melalui yayasan Jeera kita sudah lakukan MoU dengan beberapa perusahaan selanjutnya kita distribusikan pada beberapa usaha," ujar Gusti.

Dalam waktu dekat, KNPI DKI Jakarta sudah merencanakan akan membuka café yang menjual kopi dengan berbagai jenis mulai dari Tarik Coffee, Black Coffee, Cappuccino dan aneka menu kain, di kantor imigrasi Jakarta Barat.

"Bulan depan, akan kami buka di Kota Tua di kantor imigrasi Jakarta Barat yang akan diresmikan oleh Menteri Hukum dan Ham, setelah itu kami juga merencanakan akan membuka usaha yang sama di Bali, Bandung, Medan dan Jawa Timur," tutupnya.

KNPI DKI Jakarta juga menghimbau tokoh muda Jakarta bergabung pada program Jeera dengan membuka website www.mauberubah.com.

Dalam situs tersebut, masyarakat bisa mengetahui sejarah awal dari program Jeera agar peduli pada warga binaan.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved