WartaKota/

Begini Bangkok Menata PKL

Pemerintah Kota Bangkok juga menghadapi masalah yang sama dengan Jakarta soal PKL. Mereka menata dengan memindahkannya ke kawasan khusus.

Begini Bangkok Menata PKL
Kompas.com/Jonathan Adrian
Pad Thai, salah satu streetfood favorit di Bangkok. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Kota Bangkok, Thailand, terkenal sebagai salah satu street food capital alias kota yang identik dengan makanan pinggir jalan.

Bahkan, CNN mendaulat Bangkok sebagai salah satu dari 23 kota terbaik di dunia dalam hal street food.

Namun baru-baru ini, santer terdengar kabar bahwa Bangkok Metropolitan Administration (BMA) alias Pemerintah Kota Bangkok akan melarang Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di jalanan.

Hal tersebut tentu membuat wisatawan resah. Namun rupanya, BMA tidak akan "menghilangkan" para PKL melainkan memindahkannya ke tempat lain.

Hal itu diungkapkan dalam keterangan dari Tourism Authority of Thailand (TAT) kepada KompasTravel, Rabu (26/4/2017).

Tertulis bahwa BMA tidak akan melarang PKL berjualan di jalanan Kota Bangkok.

BMA bekerja sama dengan Traffic Division dari Bangkok Metropolitan Police Bureau untuk merapikan trotoar dan jalanan Bangkok sehingga nyaman untuk pejalan kaki.

Sementara itu, para PKL akan dipindahkan ke beberapa kawasan sehingga wisatawan bisa berwisata kuliner secara terpusat.

Namun sampai saat ini belum diketahui kawasan mana saja yang akan digunakan.

Meski begitu, beberapa kawasan ramai turis seperti Yaowaraj diChinatown dan Khao San Road tidak akan mengalami "pembersihan".

BMA hanya akan memastikan kembali higienitas dan kelayakan makanan yang dijual di dua kawasan tersebut. Misal, dengan mengecek kebersihan mangkuk beserta cara mencucinya.

BMA akan melakukan sosialisasi dan pembekalan kepada tiap PKL di Bangkok tentang kebersihan makanan. Para PKL nantinya akan bisa melanjutkan berjualan seperti biasa.

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help