Home »

Seleb

» Gosipi

Najwa Shihab Sebut Banyak Sisi Lain Kartini yang Menarik

Mengenang jasa-jasa perjuangan serta memperingati hari Kartini rupanya juga dilakukan oleh Pembawa acara berita Najwa Shihab (39).

Najwa Shihab Sebut Banyak Sisi Lain Kartini yang Menarik
Arie Puji Waluyo
Najwa Shihab saat ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, beberapa hari lalu. 

Laporan Wartawan WARTAKOTALIVE.COM, ARIE PUJI WALUYO‬‬

WARTA KOTA, TAMANSARI -- Setiap 21 April masyarakat Indonesia melakukan perayaan 'Hari Kartini', sebagai bentuk menghargai perjuangan Raden Ajeng Kartini semasa hidupnya.

Mengenang jasa-jasa perjuangan serta memperingati hari Kartini rupanya juga dilakukan oleh Pembawa acara berita Najwa Shihab (39).

Najwa mengatakan mengenal mendalam sosok Kartini sesudah ia duduk dibangku sekolah, melalui buku-buku mengenai Kartini yang beredar di toko-toko buku.

Setelah membaca buku dan surat-surat hasil karya tangan Kartini, Najwa menilai pendidikan di sekolahan sangat lah kurang, karena hanya mengangkat sebuah sosok Kartini pejuang emansipasi wanita saja dan perayaannya, hanya menggunakan pakaian tradisional di sekolahan.

"Yang saya inget hanya itu sih, ritual di sekolah berkonde, tampil dipanggung, dan menyanyikan lagu ibu Kartini," kata Najwa Sihab saat ditemui di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, beberapa hari lalu.

Najwa mengatakan saat ini, ia tidak tahu metode pembelajaran di sekolahan untuk mengenang jasa-jasa Kartini sebagai bentuk penghargaan perjuangannya terhadap perempuan.

"Karena menurut saya, justru esensi tulisan atau surat-suratnya dibacakan sekarang ini tentang bagaimana kepedihan dan kebesaran hatinya tuk menerima tradisi yang mengekang," ucapnya.

Lanjut Najwa, banyak sekali cerita dari sisi-sisi Kartini diluar dari pembahasan mengenai perjuangan hak dan emansipasi wanita yang sudah dikenal selama ini.

"Cerita lainnya bagaimana dia (Kartini) bersuara keras tentang penindasan, pemikiran persamaan hak, soal ayahnya yang dicintai, kakeknya yang tak dikenal tapi dia sangat menghormati. Kemudian peran ayah juga menarik karena masih belum modern. Terus Kartini bisa diajak pergi dengan adik-adiknya tanpa seorang ayah," ujar Najwa Sihab. (Arie Puji Waluyo)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help