Home »

Depok

Jumlah Angkot Berbadan Hukum di Depok Meningkat

Sebelumnya angkutan kota di Depok yang berbadan hukum sampai awal Januari 2017 hanya sekitar 400 unit.

Jumlah Angkot Berbadan Hukum di Depok Meningkat
Warta Kota
ILUSTRASI - Suasana angkot ngetem di Jalan Margonda Raya yang bikin macet. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Budi Sam Law Malau

WARTA KOTA, DEPOK -- Jumlah armada angkutan dalam kota di Kota Depok yang sudah berbadan hukum, sampai April 2017 ini, tercatat jumlahnya sudah mencapai 1.084 unit dari 2.284 armada, yang ada di Depok atau sudah mencapai 50 persen.

Sebelumnya angkutan kota di Depok yang berbadan hukum sampai awal Januari 2017 hanya sekitar 400 unit.

Padahal Pemkot Depok sudah mengeluarkan Perda yang mewajibkan semua angkot di Depok berbadan hukum per awal Januari 2017.

Jika tidak mematuhi, nantinya perpanjangan izin trayek angkot akan ditunda atau dibekukan.

Kepala Dinas Perhubungan Depok Gandara Budiana mengapresiasi dan menyambut baik para pengusaha angkutan di Depok, yang akhirnya mau membuat angkot mereka berbadan hukum baik dalam bentuk koperasi, PT atau badan hukum lainnya.

Menurutnya selain karena Perda yang mewajibkan angkot berbadan hukum berlaku sejak awal Januari 2017, meningkatnya jumlah angkot yanh kini berbadan hukum di Depok, juga tak terlepas dari kebijakan pihaknya yang membebaskan retribusi untuk perpanjangan izin trayek dan KIR angkutan pada awal 2017.

"Ini terbukti efektif membuat mereka mau berbadan hukum. Sejak kebijakan itu diberlakukan jumlah angkutan umum yang beralih menjadi badan hukum terus meningkat," katanya, Rabu (19/4/2017).

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Anton Tofani, mengatakan daru data yang ada tercatat per 1 Januari ada sekitar 400 kendaraan angkot yang resmi beralih menjadi badan hukum.

Namun, setelah 4 bulan atau per 18 April, jumlahnya mencapai 1.084 unit kendaraan, dari total 2.284 armada yang ada di Depoj.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help