Home »

Depok

Program Kartu Bebas Ngamen Mandek, Pemkot Depok Dinilai Tak Serius

Padahal awal Februari 2017 lalu, Pemkot Depok bersama IMJ merelaunching program ini sekaligus melakukan sosialisasi dengan mengundang para pelaku usah

Program Kartu Bebas Ngamen Mandek, Pemkot Depok Dinilai Tak Serius
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Pengamen Depok yang mendapat fasilitas ngamen di Cinere Mal. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Program Kartu Bebas Ngamen atau Depok Support Performer Card (Depok Super Card) yang diluncurkan Pemkot Depok bersama Institut Musik Jalanan (IMJ) selaku penggagas program ini, April 2016 lalu, untuk kesekian kalinya mandek lagi dan tak berjalan sebagaimana mestinya.

Padahal awal Februari 2017 lalu, Pemkot Depok bersama IMJ merelaunching program ini sekaligus melakukan sosialisasi dengan mengundang para pelaku usaha di Depok, mulai dari pengelola Mal, Hotel, Resto dan Kafe, dalam acara di pusat perbelanjaan D'Mall, di Jalan Margonda, Depok.

Acara ini digelar juga karena sebelumnya program ini dirasakan mandek dan jalan ditempat.

Namun nyatanya setelah acara itu, sampai kini program ini tetap juga mandek dan tidak mengalami kemajuan sama sekali.

Ruang berekspresi yang diharapkan tumbuh di sejumlah tempat usaha bagi para pengamen pemilik kartu bebas ngamen atau Depok Supercard, masih bisa dihitung dengan jari atau dengan kata lain belum juga ada dan belum juga disediakan.

Karenanya para pengamen kembali ke jalanan dan mereka kembali kucing-kucingan dengan Satpol PP.

Dukungan sejumlah dinas terkait untuk menjalankan program ini juga sama sekali tidak tampak signfikan.

Hal itu dikatakan Pendiri IMJ Andi Malewa yang merupakan penggagas program ini, yang bertujuan untuk membina pengamen jalanan dan memberikan mereka ruang berekspresi untuk mengatasi ketertiban umum dan mengurangi PMKS di Depok.

"Heran betul saya, entah mandek gara-gara apa. Semua dinas di Pemkot Depok yang terkait program ini seperti tidak mau menjalankannya. Mereka cuma janji-janji manis terus," kata Andi, kepada Warta Kota, Selasa (18/4/2017).

Ia mengatakan dirinya sangat menghargai upaya Wali Kota Depok yang sungguh-sungguh ingin menjalankan program ini di Depok.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help