Pilkada DKI Jakarta

Berwirausaha, Sandi: Jangan Takut Bermitra dengan Teman

Beragam pertanyaan diajukan mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) yang hadir dalam seminar enterprenueship kepada Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta,

Berwirausaha, Sandi: Jangan Takut Bermitra dengan Teman
Warta Kota/Dwi Rizki
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, saat tanya-jawab dengan mahasiswa dalam seminar enterprenueship bertajuk 'Jadi pengusaha sebelum wisuda' di kampus BSI, Jalan Outer Ring Road Nomor 42, RT 06/03, Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat pada Senin (17/4). 

WARTA KOTA, CENGKARENG -- Beragam pertanyaan diajukan mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) yang hadir dalam seminar enterprenueship kepada Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno.

Mereka menanyakan tentang kemitraan yang disebutkan Sandi merupakan salah satu kiat dalam merintis usaha.

Pertanyaan tersebut seperti yang dilontarkan Yaumil Khairiah, mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI) BSI Cengkareng.

Perempuan berjilbab itu khawatir apabila kemitraan yang terjalin dengan sahabat itu dapat merusak pertemanan mereka.

"Saya sekarang sudah jalanin usaha kecil-kecilan pak, usaha minum ringan. Teman saya mau bergabung dengan saya, tapi saya takut kalau usaha jadi ngerusak pertemanan kita, kalau untung atau (usaha) malah nggak jalan," tanya Ria-sapaan Yaumil Khairiah kepada Sandi di Kampus BSI, Jalan Outer Ring Road Nomor 42 RT 06/03 Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat pada Senin (17/4).

Menjawab kegelisahan Ria, Sandi bercerita tentang pengalamannya merintis usaha.

Dirinya yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan mengalami kebangkrutan pada sekira tahun 1997 silam katanya dijauhi sebagian besar teman yang dikenalnya ketika sukses.

Teman yang sebelumnya dekat justru menjauh ketika dirinya mengalami pailit dan terpaksa meninggalkan Singapura untuk pulang ke Jakarta.

Kala itu, katanya, tidak ada satu pun teman yang mendukungnya, kecuali Edwin Soeryadjaya dan Rohan Roeslani.

Bersama Edwin Soeryadjaya, dirinya bermitra untuk mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya, sedangkan bersama Rohan Roeslani, dirinya membangun PT Recapital Investment. Karena kesamaan visi dan misi, kedua perusahaan tersebut besar hingga saat ini.

"Teman sejati terlihat jika kita mengalami keterpurukan, teman sejati adalah mereka yang jauh akan mendekat jika kita mengalami musibah. Saya merasakan itu waktu saya jatuh, dari sana saya tahu mana teman sejati-mana teman yang biasa saja," ungkapnya.

"Jadi jangan takut bermitra, bermitralah dengan siapa saja dengan satu catatan, mitra harus ada kesamaan visi dan misi dalam membangun usaha. Insya Allah, kalau visi dan misi kita sama, kita nggak lagi baperan, selalu kedepankan komunikasi. Jadi Stop talking behind, jujur dan terbuka kepada mitra," ungkapnya menambahkan. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved