WartaKota/
Home »

Depok

Sebulan Diterapkan, Contraflow di Jalan Margonda Dinilai Efektif

Selama sebulan penuh ujicoba contraflow atau melawan arah di sebagian ruas Jalan Margonda dan Jalan Juanda, dinilai cukup efektif mengurai kemacetan

Sebulan Diterapkan, Contraflow di Jalan Margonda Dinilai Efektif
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Contraflow di Jalan Margonda, tepatnya di putaran Debora, dimana jalur contraflow berakhir dan pengendara arah ke Jakarta masuk kembali ke jalur normal, Rabu (15/3/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Selama sebulan penuh ujicoba contraflow atau melawan arah di sebagian ruas Jalan Margonda dan Jalan Juanda, diterapkan Satlantas Polresta Depok.

Hasilnya, penerapan sistem yang dilakukan situasional di jam sibuk pada pagi hari pukul 06.00-08.00, serta sore hari pukul 16.00-18.00, dinilai cukup efektif mengurai kemacetan dan kepadatan kendaraan, yang biasa terjadi di Jalan Margonda dan Jalan Juanda di jam sibuk.

Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polresta Depok Komisaris Sutomo kepada Warta Kota, Rabu (12/4/2017).

"Hasilnya setelah diterapkan sebulan ini, sistem contraflow di Margonda dan Juanda, kami nilai bagus dan efektif. Terutama di pagi hari saat contraflow dilakukan di Jalan Margonda arah ke Jakarta. Banyak masyarakat Depok yang hendak berkantor ke Jakarta merasa diprioritaskan dengan contraflow ini. Mereka merasa lebih cepat sampai ke Jakarta," kata Sutomo.

Seperti diketahui, sistem contraflow di sebagian Jalan Margonda dan Jalan Juanda ini, diberlakukan Satlantas Polresta Depok, sejak Senin 13 Maret 2017 lalu.

Contraflow di terapkan di Jalan Margonda arah ke Jakarta mulai dari pertigaan simpang Juanda sampai di depan putaran Debora sepanjang sekitar 500 meter mulai pukul 06.00 sampai pukul 08.00 serta di arah sebalilknya di sore hari pukul 16.00 sampai 18.00.

Contraflow diterapkan dengan menggunakan satu lajur di ruas jalan arah berlawanan.

Sementara di Jalan Juanda, contraflow diterapkan mulai dari depan putaran Soto Kudus sampai lampu merah simpang Jalan Margonda dan Jalan Juanda. Di pagi hari contraflow diterapkan untuk kendaraan dari Jalan Raya Bogor ke Jalan Margonda, dan pada sore hari diarah sebaliknya.

"Saat penerapannya di lapangan, contraflow ini sangat fleksibel dan situasional, dengan melihat kondisi arus lalu lintas. Ada saat dimana arus lalin di pagi hari arah ke Jakarta sangat lancar, sehingga sekalipun sudah pukul 06.00, contraflow belum kami terapkan. Contraflow baru kami terapkan, begitu ada kecenderungnan kepadatan kendaraan di ruas jalan karena volume kendaraan yang meningkat," kata Sutomo.

Karena hasil evaluasi saat ini sistem contraflow dinilai cukup efektif, menurut Sutomo, contraflow masih akan terus diberlakukan ke depannya secara situasional, sampai waktu yang belum ditentukan.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help