Pilkada DKI Jakarta

Rehat Kampanye, Sandi Resmikan Pengolahan Sampah OK OCE

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno melepaskan seluruh atribut kampanyenya untuk rehat.

Rehat Kampanye, Sandi Resmikan Pengolahan Sampah OK OCE
Warta Kota/Dwi Rizki
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno memasukan sampah organik berupa sayuran ke dalam mesin pencacah. Selanjutnya, sampah organik akan dimasukkan ke tabung untuk difermentasi selama dua pekan hingga menjadi pupuk kompos siap pakai. 

WARTA KOTA, CILINCING -- Jelang debat antar kandidat putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno melepaskan seluruh atribut kampanyenya untuk rehat.

Dirinya mengisi waktu luangnya untuk meresmikan pengolahan sampah terpadu OK OCE di Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu (12/4) siang.

Tidak seperti pada saat berkampanye yang disambut ramai relawan hingga aksi silat palang pintu, kehadiran Sandi di lokasi Bank Sampah Cilincing Berseri (Ciber) yang terletak persis di kolong Jalan Jembatan Jalan Akses Marunda itu terlihat hanya disambut puluhan warga yang merupakan nasabah Bank Sampah Ciber.

Walau begitu, dirinya mengaku senang atas kehadiran warga di sana.

Karena kehadiran warga yang didominasi para ibu rumah tangga itu menurutnya, menjadi bukti tingginya minat serta kepedulian warga dalam menjaga lingkungan serta pengolahan sampah.

"Peresmian Intalasi pengolahan sampah ini bukan termasuk dalam kampanye, karena kesadaran kita untuk menjaga lingkungan, contohnya salam zero waste yang ternyata juga sama dengan salam bersama, tangan terbuka. Bukan karena disengaja, mungkin karena kita sudah berjodoh, jadi kehadiran kita di sini untuk mengubah sampah yang semula limbah, menjadi sampah yang membawa berkah. Bank sampah kita akan mandiri, dan dapat menghasilkan hal yang sangat produktif," jelasnya disambut meriah warga.

Mengawali sambutan, dirinya meminta warga untuk mengulangi lima jenis sampah yang semula dipaparkan Wildayanti selaku penggiat bank sampah yang juga dikenal sebagai Ratu Sampah.

Warga pun terlihat ramai bersautan.

Mereka menyebutkan jika kelima jenis sampah tersebut antara lain sampah organik, sampah non organik, B3 basah, B3 Kering dan sampah residu.

"Ibu-ibu sudah jago semua, sekali lagi saya tidak ingin kampanye, karena saya murni datang ke sini supaya gerakan ini terus berjalan, dan lima tahun mendatang, saya ingin bank sampah ini bisa jadi pusat Intalasi sampah terpadu. Lewat bank sampah, produk akan dijual melalui jaringan OK OCE, Insya Allah ekonomi juga akan meningkat, yang punya hutang jadi bisa bayar hutang," ungkap Sandi.

"Gerakan zero waste atau nol limbah ini sangat menginspirasi, tapi saya kembali sampaikan kalau gerakan ini perlu kedisiplinan, apa ibu-ibu?, memilah sampah sejak di rumah. Zero waste-OK OCE, tanggal 19 (hari pencoblosan) Zero Waste ya! Jangan ada yang golput. Sekali lagi, terus berkarya, terus menginspirasi," tutupnya menambahkan. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help