Pemkab Bekasi Kekurangan Puskesmas Rawat Inap

Pemkab Bekasi masih kekurangan lima puskesmas rawat inap. Dari 23 kecamatan yang ada, Bekasi baru memiliki 18 puskesmas yang memiliki rawat inap.

WARTA KOTA, BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi masih kekurangan lima pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) rawat inap di wilayah setempat.

Dari 23 kecamatan yang ada, Kabupaten Bekasi baru memiliki 18 puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap.

"Idealnya satu kecamatan memiliki satu puskesmas rawat inap. Sedangkan pemerintah kabupaten baru memiliki 18 puskesmas rawat inap," ujar Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Ida Hariyandi pada Selasa (11/4/2017).

Ida mengatakan, akibat kekurangan ini maka pasien banyak yang beralih ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi yang ada di Cibitung.

Beberapa pasien di antaranya ada yang beralih ke rumah sakit swasta, namun tetap menggunakan jaminan kesehatan seperti Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

"Pasien rawat inap di RSUD Kabupaten Bekasi sangat banyak dan membludak," jelas Ida.

Ida berkata, secara keseluruhan Kabupaten Bekasi memiliki 44 puskesmas.

Sebanyak 18 puskesmas telah dilengkapi fasilitas rawat inap, sedangkan 26 puskesmas belum dinaikan status sebagai rawat inap.

Puskesmas model ini biasanya ada di tingkat kelurahan atau desa dengan jadwal pengoperasiannya tidak selama 24 jam.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bekasi, Oded S Yahya menambahkan, fasilitas puskesmas rawat inap lebih lengkap dibanding puskesmas biasa.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help