Christine Hakim: Perempuan Harus Berwawasan Luas

Aktris lawas Christine Hakim (60) menegaskan kalau wanita Indonesia, jangan terjebak dalam seremonial untuk memperjuangkan harkat dan martabatnya.

Christine Hakim: Perempuan Harus Berwawasan Luas
Arie Puji Waluyo
Christine Hakim 

WARTA KOTA, KOTA - Aktris lawas Christine Hakim (60) menegaskan kalau wanita Indonesia, jangan terjebak dalam seremonial untuk memperjuangkan harkat dan martabatnya.

Chrisitine mengatakan bahwa wanita sudah bisa disetarakan harkat dan martabatnya dengan kaum pria, terlebih melihat perjuangan sosok RA Kartini.

"Setelah ratusan tahun lebih kartini wafat, wanita sudah menunjukan kesetaraan gender. Terpenting adalah bagaimana perempuan memposisikan diri, untuk menjaga kewanitaan kita," kata Christine Hakim.

Hal itu ia katakan saat ditemui di acara Panggung Para Perempuan Kartini, di Musium Bank Indonesia, Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (11/4/2017).

Christine menambahkan, perempuan memiliki kelebihan dari laki-laki ialah kekuatan fisik, kepekaan, dan juga insting yang kuat.

"Pada intinya, kita sebagai wanita, jangan dihilangkan kewanitaan itu," tegasnya.

Seorang perempuan menurut Christine harus bisa menjaga kewanitaannya agar laki-laki bisa tunduk dalam hal positif terhadap perempuannya.

Lanjut Christine, meski sudah memiliki kelebihan dari laki-laki, wanita harus mempunyai wawasan yang luas untuk membekali generasi penerus yakni anak dari perempuan itu sendiri.

"Saya tahu banyak perempuan di desa gabisa bahasa tulis. Tetapi, anak-anaknya sarjana di Universitas Nasional. Jadi, penting sekali wanita memiliki wawasan luas. Tetapi tetap sebagai ibu yang juga mendidik anak-anaknya atau menjadi sosok guru dalam hidup keluarga," ujar Christine Hakim. (Arie Puji Waluyo)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved