DPR Sambut Positif Setiap Masukan Berharga terhadap Calon Anggota BPK

Masukan masyarakat itu menjadi informasi yang bermanfaat. Baik terkait dengan informasi pidana umum maupun pidana tipikor.

DPR Sambut Positif Setiap Masukan Berharga terhadap Calon Anggota BPK
Warta Kota
Johnny G Plate 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Komisi XI DPR merespon positif berbagai masukkan dari masyarakat terkait uji kelaikan dan kepatutan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akan berlangsung 6 April 2017.

Alasannya, masa tugas dua anggota BPK, saat ini, juga akan segera berakhir.

"Masukan masyarakat itu menjadi informasi yang bermanfaat," kata anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Nasdem, Johnny G Plate kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Informasi itu, baik terkait dengan informasi pidana umum maupun pidana tipikor.

"Kami tidak berbasis pada informasi isu-isu. Ini adalah hak hukum dan masalah reputasi calon pejabat tinggi negara," katanya.

Dua dari sembilan anggota BPK RI yang segera mengakhiri masa jabatannya yaitu Wakil Ketua merangkap anggota BPK Sapto Amal Damandari, serta Anggota I BPK Agung Firman Sampurna.

Dari 26 calon yang akan mengikuti fit and proper tes, terselip nama Dadang Suwarna selaku Direktur Penegak Hukum Ditjen Pajak, yang diduga terlibat sebagai saksi pajak kepengurusan pajak PT. EK Prima Indonesia yang melibatkan Handang Soekarno.

Sedangkan Dadang Suwarna, Rabu (14/12/2016), pernah diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap yang menyeret Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Handang Soekarno.

Disinggung tentang nama Dadang Suwarna, Johnnya mengatakan pihaknya akan lebih teliti lagi memeriksa rekam jejak para calon anggota BPK dan berharap BPK dihuni oleh orang-orang berintegritas, kapabilitas dan mampu membawa BPK menjadi lembaga tinggi negara yang modern.

Ditambahkan oleh politisi Fraksi Partai Nasdem itu, Komisi XI DPR diyakini akan mencari pemimpin yang meng-up to date-kan hasil output dari BPK itu sendiri.

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved