Bioskop Rakyat Dapat Sambutan, Produser Juga Ingin Filmnya Eksis

Seperti diketahui, harga tiket bioskop di jaringan XXI, CGV Blitz dan Cinemaxx yang termurah berkisar antara Rp35.000 hingga Rp60.000.

Bioskop Rakyat Dapat Sambutan, Produser Juga Ingin Filmnya Eksis
Warta Kota/Nur Ichsan
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) usai nonton bareng film Trinity The Nekad Traveler di Jakarta, Sabtu (1/4) malam. 

WARTA KOTA, SARINAH -- Rencana pembuatan bioskop rakyat disambut baik oleh kalangan rumah produksi (PH).

Pasalnya, film tak hanya melulu bicara soal berapa profit yang didapat, tapi juga bicara bagaimana semua kalangan rakyat juga bisa menikmati hiburan.

"Kami selaku produser menyambut ide bioskop rakyat ini. Bicara soal profit ya pasti harus ada, tapi kita juga harus perhatikan perkembangan film, termasuk bagaimana semua lapisan rakyat dapat hiburan," ujar Eksekutif Produser 'Trinity The Nekad Trveler', Lela Tresna usai nonton bareng Basuki T Purnama (Ahok) di Jakarta, Sabtu (1/4) malam.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) saat nonton bareng dengan produser film Trinity The Nekad Traveler, Lela Tresna, di Jakarta, Sabtu (1/4) malam.
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) saat nonton bareng dengan produser film Trinity The Nekad Traveler, Lela Tresna, di Jakarta, Sabtu (1/4) malam. (Warta Kota/Nur Ichsan)


Lela yang juga produser di Tujuh Bintang Sinema ini menambahkan, eksistensi sebuah film juga penting selain faktor profit.

"Kami juga ingin bikin film yang dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Kita bisa cari untung di tempat lain," imbuhnya.

Apalagi nantinya, bioskop rakyat ini akan khusus menayangkan film-film Indonesia. Hal ini dipandang Lela akan membantu mendongkrak eksistensi film-film Indonesia yang kerap kalah pamor dari film asing.

"Seperti film Trinity ini, ketika kita kalah bersaing dengan Beauty and The Beast misalnya, setelah turun filmnya ya kita sudah nggak bisa apa-apa lagi," ucapnya.

Seperti diketahui, harga tiket bioskop di jaringan XXI, CGV Blitz dan Cinemaxx yang termurah berkisar antara Rp35.000 hingga Rp60.000.

Harga ini masih cenderung mahal untuk ukuran kantong rakyat kecil. Idealnya, harga maksimal bagi bioskop rakyat ini antara Rp5.000 sampai Rp10.000.

Usai nonton bareng, Ahok mengutarakan rencananya membangun bioskop pribadi milik Pemprov DKI. Bioskop ini direncanakan dibangun di pasar-pasar.

"Ya kita pengen ada perputaran yang panjang aja. Ini contoh, sudah turun kan ini film. Nah kalau kita punya bioskop sendiri, ya di Pasar Jaya itu membuat perputaran film lebih panjang dan lebih lama. Harapan kita kayak gitu," ujarnya.

Ahok ingin bioskop pertama ini berada di Kramat Jati atau di Pulo Gebang. Saat ini proses bioskop ini masih diurus oleh PD Pasar Jaya dengan harga 'merakyat'.

"Kita punya target harganya Rp10 ribu atau di bawah Rp10 ribu. Kalau di sini kan orang berat nontonnya, kalau dibawah Rp10 ribu pasti penonton lebih banyak," jelasnya.

Bioskop ini rencananya akan dibangun tahun ini melalui kerja sama dengan salah satu perusahaan film.

"Kerja sama dengan perusahaan film, nanti pakai AC juga semua, walau ya nggak semewah pakai karpet seperti inilah," imbuhnya.(san)

Penulis: Nur Ichsan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help