Ratusan Kuasa Hukum Siap Bela Al Khaththath

Semua yang datang rata-rata mengecam tindakan polisi dan menganggap tudingan makar ke Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam itu sangat berlebihan.

Ratusan Kuasa Hukum Siap Bela Al Khaththath
Tribunnews.com
Pimpinan Aksi 313, Muhammad Al Khaththath 

WARTA KOTA, DEPOK - Ditangkapnya Pimpinan Aksi 313, Muhammad Al Khaththath atas tuduhan makar, membuat sejumlah pihak mulai dari para kuasa hukum beberapa elemen, dan sejuah tokoh lainnya mendatang Mako Brimob Kelapa Dua, tempat dimana Al Khaththath diperiksa polisi, Jumat (31/3/2017).

Semua yang datang rata-rata mengecam tindakan polisi dan menganggap tudingan makar ke Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam itu sangat berlebihan.

Selain Al Khaththath ada empat orang lainnya yang diperiksa polisi di Mako Brimob dengan tudingan serupa.

Ali Alatas, salah satu anggota tim kuasa hukum, mengatakan janggalnya tuduhan atas penangkapan Al Khaththath sudah sangat jelas.

Karenanya kata dia ada ratusan kuasa hukum yang siap mendampingi Al Khaththath. Mereka berasal dari Tim Pembela Muslim, Pusat Hak Asasi Muslim Indonesia, GNPF MUI, Bantuan Hukum Front, dan Advokat Cinta Tanah Air.

"Kami semua siap memaparkan kejanggalan atas tuduhan ini," katanya di Mako Brimob, Jumat.

Ahli Hukum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdul Chair Ramadhan mengatakan prihatin dengan penangakapan Sekjen FUI tersebut.

Menurutnya, polisi wajib memberikan klarifikasi atas tuduhan pemufakatan makar yang menjadi dalih penangkapan Al Khaththath.

”‎Kita ingin penjelasan yang sebenarnya.Ini jangan main-main. Kita kan sedang aksi damai yang dijamin konstitusi, undang-undang," katanya.

Abdul mengaku tak habis pikir dengan penangkapan Khaththah yang dikaitkan dengan dugaan pemufakatan makar. "Tuduhan tersebut tidak logis," katanya.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved