Mau Beli Mobil Bekas? Ini Tipsnya Agar Tidak Terkecoh

Membeli mobil bekas (mobkas) dengan kondisi prima bisa dibilang gampang-gampang susah.

Mau Beli Mobil Bekas? Ini Tipsnya Agar Tidak Terkecoh
Warta Kota/ign agung nugroho
Ilustrasi 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Membeli mobil bekas (mobkas) dengan kondisi prima bisa dibilang gampang-gampang susah.

Jika tidak hati-hati, apalagi mobil yang kita idamkan ternyata mobkas tabrakan atau terendam banjir, bisa menimbulkan masalah ke depannya.

"Saya sarankan belilah di diler-diler yang punya reputasi atau beli dari kenalan, entah dari tetangga atau teman yang kita tahu rekam jejak mobil yang akan kita beli," kata Halomoan Fischer, Chief Operating Officer Mobil88, dalam diskusi bertajuk 'Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda,' yang digelar Mobil123.com, di The Hook, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2017).

Halomoan menjelaskan beberapa tips yang perlu dicermati saat membeli mobkas. Pertama, cara mengetahui kondisi mesin, yakni mengecek rekam jejak servisnya.

"Semua mobil kan ada buku servis. Kalau enggak ada (buku servis), perawatannya entah di mana. Kalau mau aman ya jangan dibeli," ujarnya.

Halomoan mengingatkan pula agar pembeli berhati-hati dengan mobil bekas yang odometernya diputar. Hal ini dilakukan demi mengakali jarak pemakaian kendaraan oleh pemilik sebelumnya.

Cara mudah untuk menghindari tipuan model ini lagi-lagi adalah dengan meminta dan melihat buku servis kendaraan.

"Kalau kilometer kendaraan diputar kan pasti dibuang buku servisnya. Enggak mungkin kalau kilometer diputar dari 100 ribu km ke 30 km buku servisnya diperlihatkan," ulasnya.

Untuk mencari tahu mobkas tabrakan dan banjir, kata Halomoan, membutuhkan lebih banyak ketelitian dan pengetahuan. Untuk mengetahui apakah mobil itu pernah mengalami tabrakan parah, bisa dilihat dari strukturnya.

"Kalau pernah tabrakan dan sampai kena struktur, pasti mobil itu sudah tidak presisi titik beratnya. Entah (titik beratnya) miring ke kiri, miring ke kanan. Ini yang akan berbahaya karena saat mobil dibawa kencang akan goyang," tuturnya

Halaman
12
Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help