WartaKota/

Tiket Kereta Api Mudik Semakin Langka

Antusiasme masyarakat menggunakan kereta api untuk mudik 2017 membuat pemesanan melonjak drastis dan tiket makin langka.

Tiket Kereta Api Mudik Semakin Langka
Kompas.com
Jajaran Direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam Konferensi Pers mengenai Angkutan Kereta Api Lebaran 2017 di Stasiun Gambir Jakarta, Rabu (15/3/2017) 

WARTA KOTA, PALMERAH-Kereta api masih menjadi pilihan transportasi mudik yang disukai masyarakat Indonesia.

Hal ini bisa dilihat dari data beberapa online travel agent di Indonesia. Pemesanan kereta api untuk musim mudik melonjak drastis.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), pemesanan tiket mudik Lebaran sudah mulai bisa dipesan pada 17 Maret 2017 lalu untuk keberangkatan H-10 (15 Juni 2017), hingga 7 April 2017 untuk keberangkatan H+10 Lebaran (6 Juli 2017).

 “Jadwal pemesanan tiket kereta mudik H-10 Lebaran sudah mulai bisa dipesan sejak tanggal 17 Maret 2017 lalu. Menilik data internal kami, ada kenaikan tren pencarian kereta api untuk periode arus mudik Lebaran. Melihat hal itu, kami mengimbau agar masyarakat segera melakukan pemesanan secepatnya sebelum kehabisan," ungkap Deputy CEO Pegipegi Ryan Kartawidjaja dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Selasa (21/3/2017).

Dari data internal Pegipegi, sudah terlihat adanya kenaikan pemesanan tiket kereta api yang terjual untuk periode H-10 hingga H-5 Lebaran mencapai 300 persen atau 3 kali lipat dari periode hari biasanya.

Semakin mendekati hari Lebaran, yaitu H-5 hingga H-1, diprediksi jumlah pemesanan tiket kereta api akan terus meningkat sebesar 500 persen atau 5 kali lipat dari periode hari biasa.

Sementara itu, Tiket.com mencatat dari H-90 arus mudik dan arus balik, perkiraan traffic ke situs Tiket.com naik signifikan dari traffic hari-hari biasa. Kenaikan terjadi sebesar 128 persen.

"Berbeda dengan tahun lalu, terdapat perubahan tren pembelian tiket di tahun ini dimana mayoritas pembeli akan lebih banyak membeli melalui mobile aplikasi,” sebut Chief Communication Officer & Co- Founder Tiket.com, Gaery Undarsa dikutip dari siaran pers.

Pemesanan tiket kereta api yang melonjak drastis mengakibatkan tiket kereta api untuk arus mudik dan arus balik menjadi langka. Seperti Traveloka yang mencatat tiket kereta api dari tanggal 20-22 Juni 2017 yang cukup langka.

"Hal ini karena di tanggal tersebut sudah memasuki H-6 Lebaran yang menjadi periode populer untuk memulai perjalanan mudik," kata PR Manager Traveloka, Busyra Oryza saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (25/3/2017)

Traveloka mencatat destinasi tujuan mudik dengan kereta api paling populer adalah Malang, Solo, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.

PT KAI menyediakan 222.014 kursi per hari untuk angkutan Lebaran2017. Jumlah tersebut, terdiri dari 200.154 kursi untuk perjalanan kereta api reguler, dan 21.860 per hari untuk perjalanan kereta tambahan. Dari 331 kereta reguler dan 38 kereta tambahan yang akan dijalankan. 

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help