Terowongan Stasiun Manggarai Sering Tergenang karena Belum Sepenuhnya Rampung

Belum rampung saat ini masih dalam proses pengembangan lagi, kalau dilihat, di kanan kiri masih ada proyek.

Terowongan Stasiun Manggarai Sering Tergenang karena Belum Sepenuhnya Rampung
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sarana terowongan di Stasiun Manggarai masih belum sepenuhnya selesai. 

WARTA KOTA, TEBET -- Terowongan di Stasiun Manggarai menjadi salah satu program investasi PT KAI dalam meningkatkan pelayanan kepada penumpang, sarana ini mulai beroperasi 18 Desember 2016 lalu.

Namun, dengan adanya fasilitas baru berupa terowongan di Stasiun Manggarai ini, menurut beberapa penumpang kereta api, perlu adanya peningakatan lagi, pasalnya ketika hujan dengan intensitas ekstreem lorong underpass selalu tergenang.

Hal tersebut dituturkan oleh Anisa (19), salah satu penumpang kereta api, wanita yang disapa akrab nisa ini mengaku sering mengunakan kereta api sejak ia duduk di bangku kuliah.

Namun ia menyayangkan jika hujan kerap kali banjir dibagian lorong underpass sehingga tidak dapat dilalui.

"Kadang kalo hujan sering banjir mas, jadi gak bisa lewat bawah," katanya kepada Warta Kota, saat ditemui di Stasiun Manggarai, Rabu (22/2/2017).

Selain kerap kali banjir, ia menilai jika siang hari lorong underpass terasa panas walau sudah ada kipas angin yang terpasang disetiap dinding.

"Kadang pengap juga, panas, kayaknya perlu tambahan kipas angin, menurut saya itu sih yang kurang," katanya.

Selain itu, Ramlan (40) salah satu penumpang kereta api berharap fasilitas seperti ini harus ditingkatkan, tak hanya untuk kenyamanan beberapa orang saja tapi keseluruhan seperti adanya fasilitas penyandang disabilitas.

"Ini sebenarnya sudah bagus tapi, kalo dilihat belum ada ya fasilitas untuk disabilitas, kadang ada orang tua kasihan harus naik turun tangga," katanya.

Menanggapi hal itu Senior Manager Humas PT KAI Daop I Jakarta, Suprapto mengatakan bahwa underpass di Stasiun Manggarai saat ini belum rampung sepenuhnya walau memang sudah beroperasi.

"Belum rampung saat ini masih dalam proses pengembangan lagi, kalo dilihat kan kanan kiri masih ada proyek kan," katanya saat dihubungi oleh Warta Kota, Rabu (22/3/2017)

Selain itu ia melanjutkan bahwa proses pengembangan tersebut nantinya akan tersedia sebuah ekskalator, selain itu peningkatan pompanisasi irigasi.

"Penambahannya nanti ada ekskalator dan irigasi supaya lancar, memang jika hujan ekstrem tergenang karena memang saat ini masih dalam proses, jadi harap dimaklumi," katanya.

Selain itu underpass manggarai sendiri memang tidak dilengkapi fasilitas penyandang untuk disabilitas maupun penumpang dengan kebutuhan khusus, karena nantinya akan ada jalur khusus bagi mereka.

"Nantinya untuk penumpang dengan kebutuhan khusus ada jalur khusus sendiri dan memang tidak lewat underpass, mereka juga nanti akan didampingi oleh petugas saat masuk stasiun dan keluar stasiun jadi ada jalur khususnya, intinya saat ini masih dalam pengembangan kok," katanya. (Joko Supriyanto)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help